Tips Hiking Ceria Bersama Keluarga

Aktifitas outdoor adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan lebih spesifik lagi biasanya dilakukan di alam terbuka. Kegiatan di alam terbuka sedang menjadi trend dan merupakan kegiatan favorit bagi warga kota besar yang disibukan oleh rutinitas. Banyak traveler yang sengaja untuk traveling ke alam terbuka.

Salah satu kegiatan di alam terbuka ini adalah hiking. Menurut beberapa referensi dan dari hasil browsing, definisi hiking adalah aktifitas berupa berjalan kaki di alam bebas pada jalur (path) yang sudah ada,

Hiking tidak memerlukan keahlian khusus seperti memanjat dan tidak membutuhkan peralatan khusus seperti rope, karabiner, harnest atau ace axe. Untuk dapat mengikuti kegiatan hiking hanya dibutuhkan fisik yang sehat dan kuat saja.
Ilustrasi hiking ceria bersama keluarga ke Gunug Papandayan Garut.
Ilustrasi hiking ceria bersama keluarga ke Gunug Papandayan Garut.
Kegiatan hiking adalah aktifitas berjalan kaki yang lebih ke arah kegiatan rekreatif dan sekalian olahraga. Lokasi hiking biasanya adalah tempat yang memiliki panorama atau pemandangan yang indah.

Kegiatan hiking ini lebih tepat disebut penjelajahan karena biasanya dilakukan dengan berjalan kaki ke daerah yang memang memiliki kondisi yang masih alami atau pegunungan atau pedesaan.
Hiking ke gunung berapi yang tidak terlalu tinggi sangat menyenangkan.
Hiking ke gunung berapi yang tidak terlalu tinggi sangat menyenangkan.
Hiking bersama keluarga di alam terbuka.
Hiking bersama keluarga di alam terbuka.
Agar dapat menikmati kegiatan ini bersama keluarga, berikut ini adalah tips hiking ceria bersama keluarga.

  • Persiapkan fisik dan mental anggota keluarga
Kegiatan hiking bukanlah kegiatan jalan-jalan biasa seperti di taman kota atau di mall. Kegiatn hiking biasanya menempuh rute yang tidak memiliki topografi datar.

Jadi pastikan kondisi fisik dalam kondisi baik dan siap. Pastikan dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit yang berbahaya.

Selain itu, kondisi mental juga harus siap, misalnya tidak mudah menyerah ketika menghadapi rute yang sulit.

  • Persiapkan rute hiking
Lokasi tujuan hiking biasanya sudah memiliki jalur yang sudah dibuat sebelumnya. Bahkan di beberapa lokasi hiking yang sudah komersial, sudah dilengkapi papan petunjuk sehingga memudahkan menempuh rute hiking.

Meskipun demikian, pastikan rute yang akan ditempuh sudah dipersiapkan dengan matang.

  • Perhatikan kondisi cuaca
Jangan sampai keceriaan hiking terganggu cuaca hujan. Jadi pastikan ketika akan pergi hiking cuaca dalam kondisi cerah.

Kondisi cuaca dapat diperoleh dengan melihat situs prakiraan cuaca BMKG.

  • Persiapkan alat navigasi dan komunikasi
Kondisi rute hiking yang menempuh hutan memerlukan alat batu navigasi dan komunikasi agar tidak tersesat. Alat bantu navigasi bisa berupa gps atau kompas.

Ketika hiking di alam terbuka, terkadang tidak dapat dijangkau oleh sinyal selular jadi terkadang handphoe tidak dapat digunakan. Dalam kondisi seperti ini, alat komunikasi handy tranceiver lebih membantu.

  • Persiapkan bekal yang cukup
Tidak semua rute hiking tersedia warung atau toko yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Oleh karena itu, pastikan membawa bekal air minum atau makanan yang cukup.

Bekal makanan ini usahakan yang ringan tetapi memiliki kalori yang tinggi, coklat misalnya.

  • Kenali potensi bahaya
Kegiatan di alam terbuka ini sebenarnya identik dengan dengan potensi bahaya. Oleh karena itu, agar terhindar dari kecelakaan, harus mengetahui potensi bahaya yang mungkin akan dihadapi di lapangan.

Sebelum berangkat, pastikan diketahui lokasi yang rawan bencana alam seperti longsor atau banjir. Selain itu, bahaya binatang buas juga harus dihindari.

  • Jangan lupa obat-obatan ringan
Semua orang tentunya mengharapkan keselamatan selama mengikuti kegiatan hiking. Meskipun demikian, untuk mengantisipasi ketika terjadi kecelakaan, pastikan membawa obat-obatan ringan seperti betadine dan plester, obat sakit kepala atau diare, atau obat-obatan lain sessuai kebutuhan.

Apabila ada pembaca yang akan sharing pengalaman hiking berikut tipsnya, silahkan isi komentar di bawah ya.

Semoga tips hiking ceria bersama keluarga ini akan membuat aktifitas outdoor semakin menyenangkan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Hiking Ceria Bersama Keluarga"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini