Menikmati View yang Indah dari Candi Ratu Boko

Apabila berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Candi Ratu Boko. Tiket masuk Candi Prambanan dan Ratu Boko dapat dibeli terusan di tiket box Candi Prambanan. Apabila membeli tiket terusan Candi Ratu Boko, akan disediakan mobil angkutan dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko dan diberikan air meneral sebagai konsumsi. Mobil kita bisa diparkir di kawasan Candi Prambanan.

Candi Ratu Boko atau ada yang menyebut Situs Ratu Baka adalah sebuah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang menyerupai candi yang berada sekitar 3 km sebelah Selatan dari kompleks Candi Prambanan.

Candi Ratu Boko berada di sebuah bukit dengan ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Karena berada di ketinggian, pemandangan di sekitar Candi Rato Boko akan terlihat sangat indah.
Candi Ratu Boko ketika sedang dipugar.
Candi Ratu Boko ketika sedang dipugar.
Luas Candi Ratu Boko sekitar 25 ha ini merupakan satu-satunya situs arkeologi yang merupakan paduan arsitektur Budha dengan Hindu dan Budha.

Alamat Candi Ratu Boko tepatnya berada di kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sekitar 18 km sebelah Timur Kota Yogyakarta menuju arah Kota Solo. Koordinat Candi Ratu Boko tepatnya berada pada titik S7.770542, E110.489416.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Candi Ratu Boko, dapat dilihat pada Google Maps berikut.
Pemandangan sunset di Candi Ratu Boko terkenal sangat indah. Tetapi sayang sekali karena keterbatasan waktu, saya tidak sempat menikmati keindahan sunset di Candi Ratu Boko. Selain keterbatasan waktu, ternyata tiket masuk candi Ratu Boko untuk menikmati sunset ternyata berbeda, dan cukup mahal untuk ukuran saya.

Kalau penasasaran dengan indahnya sunset di Candi Ratu Boko, berikut ini adalah foto sunset di Candi Ratu Boko yang saya ambil dari Eksotis Jogja.
Indahnya sunset di Candi Ratu Boko. Foto : Eksotis Jogja.
Indahnya sunset di Candi Ratu Boko. Foto : Eksotis Jogja.
Indahnya sunset di Candi Ratu Boko. Foto : Eksotis Jogja.
Indahnya sunset di Candi Ratu Boko. Foto : Eksotis Jogja.
Jadi, bagi saya sudah cukup meninkmati keindahan Candi Ratu Boko di siang hari saja. Meskipun demikian, sepertinya datang ke Candi Ratu Boko di pagi hari akan lebih indah. Kita bisa menikmati indahnya Candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi.
Selfie di Candi Ratu Boko
Selfie di Candi Ratu Boko
Wefie di Kawasan Candi Ratu Boko dengan background Candi Prambanan.
Wefie di Kawasan Candi Ratu Boko dengan background Candi Prambanan.
Nama Candi Ratu Boko  berasal dari legenda Jawa. Ratu Boko (bahasa Jawa), arti harafiahnya adalah raja bangau. Ratu Boko ini  adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Jadi Candi Ratu Boko ini masih ada kaitannya dengan legenda Loro Jonggrang.

Karena keistimewaan Candi Ratu Boko, bersama dengan Candi Prambanan telah dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Bagi penggemar fotografi, Candi Ratu Boko adalah salah satu spot terbaik untuk hunting sunset di Yogyakarta. Selain di pelataran Candi Ratu Boko, spot Riyadi juga adalah spot terbaik untuk hunting landscape dengan view Candi Prambanan dan Gunung Merapi.

Tunggu apalagi, jika berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lupa sekalian mampir untuk menikmati indahnya pemandangan dari Candi Ratu Boko.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati View yang Indah dari Candi Ratu Boko"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini