Cafe Siap, Tempat Ngopi yang Asyik di Gebu Singaparna

Cafe Siap, Tempat Ngopi yang Asyik di Gebu Singaparna

Cafe Siap, Tempat Ngopi yang Asyik di Gebu Singaparna

Ketika traveling, selain menikmati keindahan alam, yang tidak boleh ketinggalan tentunya adalah wisata kuliner. Nampaknya bagi travelers yang sedang diet ketat, menikmati kuliner khas berjenis makanan berat seolah menjadi pantangan.

Alternatifnya adalah menikmati wisata kuliner yang menyehatkan. Menikmati kopi adalah salah satu cara untuk bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah di sekitarnya. Kopi juga diyakini dapat menurunkan berat badan apabila diminum sesuai anjuran dengan kandungan kopi yang masih tetap terjaga.

Kopi memang biasanya terkenal di daerah yang bersuhu dingin, karena memang kopi berkualitas baik membutuhkan elevasi yang cukup tinggi di atas 700 m dpl agar tumbuh dan menghasilkan kopi berkualitas baik.
Cafe Siap di Gedung Bupati Tasikmalaya.
Cafe Siap di Gedung Bupati Tasikmalaya.
Daerah penghasil kopi yang sangat terkenal sejak dulu adalah Gayo dan Toraja. Padahal sebenarnya hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kopi yang menjadi ciri khas daerah. Tetapi mungkin karena kurang dipromosikan, membuat kopi selain dari daerah yang terkenal penghasil kopi menjadi kurang begitu dikenal.

Sebagai contoh, meskipun saya tinggal di Tasikmalaya tetapi tidak tahu kalau ternyata juga menghasilkan kopi yang berkualitas baik. Tasikmalaya memiliki beberapa daerah penghasil kopi yang memiliki kualitas baik.

Daerah penghasil kopi terbaik di Tasikmalaya, diantaranya dari Cigalontang, Taraju dan Kadipaten. Memang ketiga kecamatan tersebut memiliki elevasi yang memadai untuk budidaya kopi.

Nah, untuk mengenalkan kopi Tasikmalaya ke para penggemar kopi, beberapa orang penggiat kopi Tasikmalaya yang didukung oleh Pemkab Tasikmalaya, membuka gerai kopi di Gedung Bupati (Gebu) di Singaparna.

Gerai kopi ini adalah Cafe Siap. Cafe Siap ini berada di basement Gebu di Singaparna. Pemilihan lokasi di basement ini saya kira tepat, karena tidak mengganggu layanan kepada masyarakat. Selain itu, bagi pengunjung Cafe Siap akan mudah menemukannya karena tidak usah masuk ke gedung pemerintahan.

Pengunjung dapat masuk dari gerbang utama di Tugu Lam Alif Komplek Gebu Singaparna, masuk ke arah Gedung Sekretariat Daerah Kabupatan Tasikmalaya, memutar ke kira atau ke kanan, masuk ke belakang dan dapat langsung parkir di bagian belakang Gebu.
Indahnya kompleks Gebu Tasikmalaya di Singaparna, Tugu Lam Alif dengan background Gn. Galunggung. Foto : Ati Purnamawati.
Indahnya kompleks Gebu Tasikmalaya di Singaparna, Tugu Lam Alif dengan background Gn. Galunggung. Foto : Instagram Ati Purnamawati.
Koordinat Cafe Siap Gebu tepatnya pada titik S7.361668, E108.112637. Untuk memudahkan menemukan lokasi Cafe Siap, dapat dilihat pada Google Maps berikut.
Siang hari tadi, setelah ada pekerjaan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, saya berkesempatan mampir ke Cafe Siap. Sekalian istirahat dan berjalan keliling kompleks Gebu Singaparna yang terkesan mulai rimbun dengan pepohonan.

Pilihan kopi yang tersedia di Cafe Siap tentunya adalah kopi asli Tasikmalaya, yaitu Cigalontang, Taraju dan Kadipaten. Saya memesan kopi vietnam drip yang ringan, karena saya tidak terlalu suka kopi pekat.
Bersama Kang Taufik Fansuri, penggiat kopi dari Tasikmalaya.
Bersama Kang Taufik Fansuri, penggiat kopi dari Tasikmalaya.
Secangkir kopi vietnam drip di Cafe Siap.
Secangkir kopi vietnam drip di Cafe Siap.
Selain kopi Tasikmalaya, Cafe Siap juga menyediakan kopi andalan Jawa Barat lainnya, seperti dari Garut dan Bandung. Tersedia jenis kopi Arabica dan Robusta.

Setelah melakukan perjalanan antara Tasikmalaya-Garut, atau sedang ada pekerjaan di Singaparna, nampaknya istirahat di Cafe Siap dapat menjadi alternatif untuk melepas penat.
Selain menikmati kopi, juga dapat sambil ngobrol tentang cerita kopi dari Tasikmalaya bersama Kang Taufik Fansuri, seorang penggiat kopi dari Tasikmalaya. Kita bisa ngobrol banyak dengan beliau tentang perkopian di Tasikmalaya.

Semoga dengan adanya Cafe Siap di Gebu ini dapat lebih mengenalkan kopi Tasikmalaya ke kancah perkopian. Karena ternyata, sekarang ini, minum kopi bukan sekedar minum, tetapi sudah menjadi life style.

Sempatkan mampir ke Cafe Siap, tempat ngopi yang asyik di Gebu Singaparna, dan nikmati beragam jenis kopi dari Tasikmalaya.
Cafe Siap, Tempat Ngopi yang Asyik di Gebu Singaparna Cafe Siap, Tempat Ngopi yang Asyik di Gebu Singaparna Reviewed by Ghost Ships on 1:55:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.