Indahnya Wisata Alam Mangrove di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran

Indahnya Wisata Alam Mangrove di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran

Indahnya Wisata Alam Mangrove di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran

Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPMKabupaten Pangandaran memiliki ekosistem dan pemandangan yang indah merupakan daya tarik tersendiri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pangandaran. Ekosistem mangrove memiliki keunikan karena merupakan peralihan antara ekosistem darat dan laut.

Berkaca dari pengalaman ketika Pangandaran diterjang tsunami, karang taruna di Pantai Batu Karas berinisiatif melakukan konservasi hutan mangrove yang ada di sekitar pantai. Ternyata hutan mangrove yang telah dikonservasi ini menjadi destinasi wisata baru di Pangandaran.
Dermaga Jembatan Cinta Mangrove Batu Karas.
Dermaga Jembatan Cinta Mangrove Batu Karas.
Kabupaten Pangandaran memang terus berbenah dan menata setiap potensi obyek wisata alam yang ada. Dengan menata potensi wisata alam ini diharapkan dapat menarik banyak kunjungan wisatawan ke Panandaran.

Keunikan dan keindahan alam merupakan daya tarik untuk datang. Pemandangan yang indah memang selalu diburu oleh para penggemar fotografi. 

Malah sekarang ini banyak sekali yang memang gemar melakukan selfie di obyek-obyek wisata alam, kemudian di-upload di media sosial.

Nah, berkunjung menikmati indahnya wisata alam mangrove di Pantai Batu Karas ini merupakan pilihan terbaik untuk hunting landscape dan tentunya selfie.
Foto Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Batu Karas-Pangandandaran
Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Batu Karas-Pangandandaran.
Bagi yang akan berkunjung, alamat hutan mangrove (PRPM) Batu Karas Kabupaten Pangandaran berada di Dusun Sanghyang KalangDesa Batu KarasKecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Keberadaan PRPM Batu Karas ini diharapkan selain sebagai kawasan konservasi juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata agar semakin banyak wisatawan datang ke Kabupaten Pangandaran.
Koordinat hutan mangarove Batu Karas tepatnya berada pada titik S7.72013 E108.49680. Untuk lebih jelasnya, lokasi hutan mangrove PRPM Batu Karas dapat dilihat pada ilustrasi peta dari Google Earth berikut.
Lokasi PRPM Batu Karas di Google Earth.
Lokasi PRPM Batu Karas di Google Earth.
Untuk menuju PRPM Batu Karas dapat dijangkau dari 4 tempat. PRPM Batu Karas paling mudah dijangkau dari Pantai Batu Karas. Selain itu, dapat juga dijangkau dari Dermaga Green Canyon, Bandara Nusawiru atau Bojong Salawe.
Ilustrasi jalan menuju PRPM Batu Karas.
Ilustrasi jalan menuju PRPM Batu Karas.
Apabila dari arah Pantai Batu Karas, dapat masuk ke Jalan Sanghyang Kalang, belok ke arah Utara pada koordinat S7.74652 E108.49559. Ikuti terus jalan beton sampai mentok ke tempat parkir PRPM Batu Karas. Jalan ini relatif bagus tetapi hanya cukup untuk 1 mobil.

Alternatifnya jalan menuju hutan mangrove adalah belok ke Utara pada koordinat S7.74669 E108.49739 sampai ke koordinat S7.73819 E108.49677 kemudian belok ke arah Barat sampai ketemu jalan Sanghyang Kalang.

Alternatif kedua lewat Dermaga Green Canyon. Apabila melalui jalur ini, akan menikmati panorama sungai Cijulang yang akan sangat bening ketika musim kemarau.

Rute ketiga, masuk ke arah Bandara Nusawiru. Setelah sampi ke Bandara Nusawiru, dapat menyeberang ke PRPM Batu Karas menggunakan perahu yang ada di dermaga.

Sedangkan rute keempat, dapat dijangkau dari Parigi. Belok di persimpangan arah Bojong Salawe pada koordinat S7.70524 E108.49321 ke arah Timur. Ikuti terus jalan sampai mentok ke Dermaga Bojong Salawe. Selanjutnya menyeberang menggunakan perahu ke Dermaga hutan mangrove PRPM Batu Karas.

Kawasan Eko Wisata Hutan Mangrove PRPM Batu Karas ini dibuka pada bulan Desember 2015. Selain sekalian menikmati keindahanPantai Batu Karas, juga bisa berjalan-jalan dan berfoto-foto di atas Jembatan Cinta yang terbuat dari papan-papan kayu menyusuri Hutan Mangrove yang lebat.
  Himbauan menjaga lingkungan di kawasan konservasi Mangrove Batu Karas.
Himbauan menjaga lingkungan di kawasan konservasi Mangrove Batu Karas.
Pengembangan PRPM Batu Karas merupakan salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Selanjutnya, kawasan ekowisata PRPM Batu Karas ini diharapkan dapat menjadi Pusat Restorasi Penelitan Mangrove.

Hutan mangrove memiliki peran yang sangat penting, terutama mencegah abrasi di wilayah pantai. Dengan adanya PRPM Batu Karas, diharapkan selain memperbaiki ekosistem pantai, sedikit demi sedikit akan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian mangrove.

Kawasan Ekowisata PRPM Batu Karas ini memiliki  luas 20 hektar. Vegetasi yang tumbuh di kawasan ini adalah berbagai species tanaman mangrove, seperti : Bruguiera exaristata, B. gymnorrhiza, B. parviflora, dan sejenisnya.

Bagi penggemar fotografi, Kawasan PRPM Batukaras ini dapat memuaskan hasrat hunting landscape. Berikut ini beberapa foto dari PRPM Batu Karas yang iseng diedit menggunakan fake infrared (IR) atau false color.
Jaring di kawasan konservasi mangrove
Jaring di kawasan konservasi mangrove
Jaring yang sudah tidak dipakai di kawasan mangrove Batu Karas
Jaring yang sudah tidak dipakai di kawasan mangrove Batu Karas
View sekeliling kawasan konservasi mangrove Batu Karas.
View sekeliling kawasan konservasi mangrove Batu Karas.
Kapal nelayan bersandar di kawasan konservasi mangrove Batu Karas.
Kapal nelayan bersandar di kawasan konservasi mangrove Batu Karas.
Dengan eksotisme kawasan mangrove itulah, tidak ada salahnya mencoba menikmati indahnya wisata alam hutan mangrove Batu Karas di Kabupaten Pangandaran.
Indahnya Wisata Alam Mangrove di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran Indahnya Wisata Alam Mangrove di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran Reviewed by Ghost Ships on 5:09:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.