Ketika Mengizinkan Anak Bawa Motor Sendiri

Ketika Mengizinkan Anak Bawa Motor Sendiri

Ketika Mengizinkan Anak Bawa Motor Sendiri

Belakangan ini ramai di-posting di media sosial mengenai anak-anak yang belum cukup umur sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya. Kejadian ini diperparah dengan mengabaikannya aspek keselamatan berkendara, yaitu dengan tidak memakai helm dan berboncengan lebih dari 1 orang. Dua hal tersebut yang pasti semakin membahayakan dirinya sendiri dan pengendara jalan lainnya.
Ilustrasi pengendara motor yang mengabaikan aspek keselamatan.
Ilustrasi pengendara motor yang mengabaikan aspek keselamatan.
Nah, hari ini, hari Minggu, si cikal minta izin bawa sepeda motor sendiri ke luar rumah untuk salah satu kegiatan. Memang sih selama ini memang dia sudah biasa membawa motor membonceng saya atau ibunya. Dan yang pasti, dia sudah memiliki SIM C.

Meskipun sudah memiliki SIM C dan menurut saya sudah cukup disiplin di jalan raya, koq ya tetap saja saya merasa waswas ketika melepas dia bawa motor sendiri ke luar rumah. Meskipun masih di dalam kota juga sih.

Meskipun di dalam kota, tetapi memang jaraknya agak jauh juga. Jarak tempuh hari ini diperkirakan 20 km.

Yang menjadi kekhawatiran saya yang pasti adalah faktor keselamatan. Meskipun sudah memiliki SIM C dan mahir mengendarai sepeda motor, tetapi ternyata di jalan raya itu banyak pengendara lain yang kadang ugal-ugalan.

Semoga saja pengalaman pertama anak diizinkan bawa motor sendiri ke luar rumah ini menjadi pembelajaran dan sarana untuk melatih mental. Soalnya, saya dulu ketika kelas 2 SMA, sudah punya SIM C juga dan malah udah traveling sendiri lebih dari 200 km sampai ke Gombong dan Garut dari Kalipucang hehehe...

Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan.
Ketika Mengizinkan Anak Bawa Motor Sendiri Ketika Mengizinkan Anak Bawa Motor Sendiri Reviewed by Ghost Ships on 3:37:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.