Mengenal Situs Masjid Besar Manonjaya

Situs Masjid Besar Manonjaya adalah salah satu situs bersejarah di Kabupaten Tasikmalaya. Masjid Besar Manonjaya sudah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya dengan Surat Keputusan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 238/M/1999 tentang Penetapan Keraton,Gedung, Masjid di Wilayah Propinsi Jawa Barat sebagai Benda Cagar Budaya. Masjid Besar ini lebih dikenal sebagai Masjid Agung Manonjaya.

Gaya arsitektur Masjid Agung Manonjaya ini memadukan gaya arsitektur Eropa dengan gaya aristektur tradisional Sunda dan Jawa. Nuansa arsitekturan tradisional Masjid Agung Manonjaya sangat terasa dengan bentuk dari elemen bangunan, seperti ruang shalat untuk wanita, serambi (pendopo) di sebelah Timur, dan menara bersusun tiga.

Menara bersusun tiga di Masjid Agung Manonjya ini  konon salah satunya merupakan pemberian dari Syech H. Abdul Muhyiwaliyulloh. Beliau adalah penyebar agama Islam di Tasikmalaya Selatan.
Foto Masjid Agung Manonjaya tempo dulu. Foto : Tropen Museum.. http://commons.wikimedia.org/wiki/File:COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Moskee_in_Manondjaja_TMnr_10016652.jpg
Foto Masjid Agung Manonjaya tempo dulu. Foto : Tropen Museum.
Masjid Agung Manonjaya memiliki 62 tiang penyangga dengan diameter antara 50-80 cm. yang terletak di dalam bangunan utama dan bangunan tambahan. Luas Masjid Agung Manonjaya adalah 673,5 m2 (bangunan utama) dan 289 m2 (bangunan tambahan). Sedangkan luas tanah Masjid Agung Manonjaya keseluruhannya adalah 6.158 m2.
Interior Masjid Agung Manonjaya Tasikmalaya.
Interior Masjid Agung Manonjaya Tasikmalaya.
Masjid Agung Manonjaya dibangun sekitar tahun 1832. Kemudian ketika pada masa pemerintahan Bupati Sukapura VIII, pada tahun 1837, dilakukan perluasan Masjid Agung Manonjaya. Perluasan Masjid Agung Manonjaya ini menyesuaikan dengan tata ruang dan perkembangan penduduk masa itu. Arsitek perluasan Mesjid Manonjaya adalah Patih RadenTumenggung Danuningrat.

Agar daya tampung Masjid Agung Manonjaya semakin banyak, pada tahun 1889 didirikan tambahan (serambi) oleh RTA Adiningrat.
Serambi Masjid Agung Manonjaya Tasikmalaya.
Serambi Masjid Agung Manonjaya Tasikmalaya.
Masjid Agung Manonjaya ini sempat rusak karena gempa besar yang mengguncang Tasikmalaya pada tahun 2009. Gempa besar berkekuatan 7,3 SR ini sempat merusak sebagian Masjid Agung Tasikmalaya.

Masjid Agung Manonjaya yang ada sekarang ini adalah hasil renovasi setelah gempa besar yang melanda Tasikmalaya tersebut.
Foto Masjid Agung Manonjaya masa kini.
Foto Masjid Agung Manonjaya masa kini.
Alamat Masjid Agung Manonjaya berada di Jl. RTA Prawira Adiningrat, Manonjaya, Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat 46197. Sedangkan koordinat Masjid Agung Manonjaya berada pada titik S7.351297, E108.307032. Lokasi ini mudah ditemukan karena berada di jalan alternatif Tasikmalaya ke Banjar.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Masjid Agung Manonjaya, dapat dilihat pada Google Maps berikut. Jarak Masjid Agung Manonjaya dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 11 km ke arah Timur.
Bagi para penggemar sejarah, ketika berkunjung ke Tasikmalaya ada baiknya menyempatkan untuk mampir ke Masjid Agung Manonjaya. Selain menikmati keindahan arsitektur Masjid Agung Manonjaya yang indah, juga bisa sekalian wisata religi di Tasikmalaya dan sekitarnya.

Itulah sekilas gambaran tentang situs bersejarah Masjid Agung Manojaya di Tasikmalaya.

***semua foto dihasilkan dari kamera HP Asus Zenfone 2, kecuali foto tempo dulu dari Tropen Museum***
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Situs Masjid Besar Manonjaya"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini