Tips Bersepeda Ketika Musim Hujan

Meskipun berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG sekarang ini belum memasuki musim hujan, tetapi ternyata hujan sudah turun hampir setiap hari. Cuaca hujan yang belum menentu ini memang salah satu hambatan ketika akan beraktifitas di alam terbuka (out door).

Bagi penggemar olah raga sepeda atau gowes, jangan sampai hujan ini mengganggu acara bersepeda. Justru banyak sensasi bersepeda ketika hujan ini.
Bersepeda ketika musim hujan harus siap membawa jas hutan plastik.
Bersepeda ketika musim hujan harus siap membawa jas hutan plastik.
Agar kita tetap dapat menimati bersepeda ketika hujan, simak deh beberapa tips bersepeda ketika musim hujan berikut ini.

  • Bawa Jas Hujan Plastik
Ketika sudah musim hujan, pastikan selalu membawa jas hujan ketika akan bersepeda. Jas hujan plastik sangat praktis dibawa ketika bersepeda.

Jas hujan plastik ini ringan dan harganya murah. Meskipun tidak membawa, jas hujan plastik ini banyak dijual di pinggir jalan.

  • Ban Sepeda dalam Kondisi Baik
Kondisi ban sepeda yang gundul adalah salah satu faktor penyebab kecelekaan ketika bersepeda. Ban sepeda yang gundul akan membuat kehilangan traksi ketika melewati jalan yang tidak beraspal.

Jadi ganti ban sepeda yang kembangnya masih bagus ketika musim hujan agar terhindar dari slip atau terpeleset.

  • Rem Sepeda dalam Kondisi Baik
Rem adalah hal yang paling vital ketika bersepeda. Jangan sampai mengakibatkan kecelakaan apabila rem tidak berfungsi baik.

Rem cakram lebih baik fungsi pengeremannya dibandingkan dengan V brake, terutama jika jalan yang dilewati kondisinya berlumpur. Lumpur ini akan mengganggu fungsi pengereman V brake.

  • Pasang Spakbor Sepeda 
Ada baiknya ketika musim hujan spakbor sepeda dipasang. Baik spakbor depan maupun belakang. Spakbor ini akan mengurangi ciptatan air yang akan mengenai wajah atau mata.

Cipratan air atau lumpur yang mengenai mata akan membahayakan ketika bersepeda.

  • Membawa Tas Waterproof
Adakalanya ketika bersepeda membawa alat elekronik, seperti : kamera atau handphone. Barang elektronik ini jangan sampai terkena air karena dapat mengakibatkan kerusakan. Apabila tidak memiliki casing khusus yang waterproof, ada baiknya membawa tas yang waterproof atau membawa kantong plastik untuk mengamankan barang-barang elektronik dan dompet tentunya.

Itulah beberapa tips bersepeda ketika musim hujan.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Bersepeda Ketika Musim Hujan"

  1. Tambahan bang.. G cuman rem sama ban aja..
    Tapi keseluruha komponen sepeda juga harus prima..

    Coba kalo sampe ada yg rusak di tengah hujan deras, bisa susah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul hehehe ... tks tambahannya ... jangan sampe ada baut2 yg kendor or sejenisnya ya ... jadi jangan lupa bawa tool ya ...

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini