Mari Menghitung Rincian Tagihan Telkom IndiHome

Mari Menghitung Rincian Tagihan Telkom IndiHome

Mari Menghitung Rincian Tagihan Telkom IndiHome

Sebenarnya saya sudah tidak ingat lagi sudah berapa lama menjadi pelanggan internet dari PT Telkom. Layanan internet ini sejalan dengan perkembangannya berubah menjadi Indihome. Paket layanan Indihome ini dijanjikan Telkom memiliki banyak keunggulan. Tetapi karena keterbatasan anggaran, tetap saja saya hanya bisa langganan paket yang (mungkin) termurah.

Sudah beberapa bulan ini saya memang tidak bermasalah dengan tagihan jasa telekomunikasi dari Telkom. Tetapi ketika menerima email tagihan layanan internet Bulan November 2017 agak kaget, karena ternyata ada kenaikan.
Tagihan internet dari Telkom Bulan November 2017.
Tagihan internet dari Telkom Bulan November 2017.
Perasaan saya tidak melakukan upgrade layanan. Dan karena memang berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Telkom bisa saja tiba-tiba melakukan perubahan paket layanan, setelah komplain baru paket ditinjau ulang.

Awalnya saya curiga ada perubahan sepihak dari Telkom untuk meningkatkan paket internet. Tetapi ternyata tidak.

Ketika saya membandingan dengan tagihan bulan November 2017 dengan tagihan bulan sebelumnya memang ada kenaikan sebesar Rp 49.500. Setelah ditelusuri, ternyata ada penurunan besarnya restitusi/diskon. Restitusi/diskon ini semula sebesar Rp 65.000, turun hanya menjadi Rp 20.000.
Tagihan internet dari Telkom Bulan Oktober 2017.
Tagihan internet dari Telkom Bulan Oktober 2017.
Nah, di sini sebenarnya saya tidak mengerti apa itu restitusi/diskon. Apakah promo atau restitusi atau pengembalian karena adanya layanan Telkom yang mengalami gangguan ?.

Karena salama ini memang layanan internet seringkali mengalami gangguan. Record laporan gangguan ini saya dokumentasikan di private message twitter dengan @Telkomcare. Tetapi sayang sekali banyaknya laporan gangguan ini tidak mengurangi besarnya tagihan internet bulanan, padahal selama saya mengalami gangguan, otomatis saya tidak bisa menikmati layanan internet.

Hal lain yang agak heran, adalah pelanggan dibebani sewa perangkat sebesar Rp 50.000. Padahal seandainya saya beli perangkat sendiri tentunya bisa dengan kualitas yang lebih baik. Tetapi ini koq ya seperti dipaksa harus membayar sewa. Padahal kalau saya berlangganan setahun saja, sudah mencapai angka Rp 600.000. Itu artinya saya bisa beli perangkat dengan kualitas yang lebih baik dibanding yang saya dapatkan sekaran.

Berikut ini adalah pm saya dengan @Telkomcare terkait sewa perangkat.
Nomor 02657294xxx tagihan bulan November 2017 Rp 246,070 dengan rincian biaya IndiHome Rp 193,700   sewa perangkat Rp 50,000   PPN 10% 22,370 - Rp 20,000,
Nampaknya dengan kejadian ini memang saya sebagai pelanggan tidak bisa mempunyai pilihan selain membayar tagihan tersebut dan tetap berlangganan internet dari Telkom.

Tetapi nampaknya mulai sekarang harus mulai berhitung kembali untuk tidak membayar tagihan internet dari Telkom sebesar itu di bulan-bulan selanjutnya, mengingat di kantor juga ada internet dengan kecepatan yang cukup dan saya lebih lama tinggal di kantor di siang hari dibandingkan di rumah. Toh saya juga menikmati layanan internet selular dengan paket 4G yang memiliki banyak bonus dan kecepatan yang luar biasa.
Mari Menghitung Rincian Tagihan Telkom IndiHome Mari Menghitung  Rincian Tagihan Telkom IndiHome Reviewed by Ghost Ships on 6:56:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.