Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Menikmati Sensasi Rasa Kopi Lanang yang Memiliki Banyak Khasiat

Mungkin belum banyak yang mendengar istilah kopi lanang. Mungkin kopi lanang baru terkenal di kalangan penikmat kopi saja. Kalau dari segi bahasa, lanang artinya adalah laki-laki dalam Bahasa Jawa. Lalu apa hubungannya dengan laki-laki sehingga dikatakan kopi lanang ?.

Sebenarnya di dunia internasional malah kopi lanang telah dikenal lebih dahulu. Di dunia perdagangan internasional, kopi lanang dikenal dengan istilah peaberry. Kopi lanang adalah biji kopi pasca panen yang mengalami anomali atau kelainan.
Kopi Lanang (peaberry) produk Kopi Ki Oyo, Ciamis.
Kopi Lanang (peaberry) produk Kopi Ki Oyo, Ciamis.
Meski kopi tidak normal, biji kopi lanang tidak berarti cacat atau tidak layak untuk dikonsumsi. Justru sebaliknya, anomali pada kopi lanang justru punya keistimewaan tersendiri untuk dinikmati.

Biji kopi lanang dapat dihasilkan dari kopi robusta atau arabika. Tetapi jumlah kopi lanang yang diproduksi dalam satu kali panen biasanya lebih sedikit. Menurut cerita H. Heri, pemilik Kopi Ki Oyo Ciamis, jumlah kopi lanang yang dihasilkan dala dalam sekali panen hanya berkisar 5-10 % saja.

Karena kopi lanang hanya sedikit diproduksi petani, mengakibatkan harga kopi lanang lebih malah dibandingkan kopi sejenis.

Apa yang membuat buah kopi biasa menjadi kopi lanang ?.

Menurut Badan Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Litbang Kementerian Pertanian, ada beberapa penyebab tumbuhnya kopi biasa menjadi kopi lanang, diantaranya karena :

  1. Tidak optimalnya penyerbukan putik bunga akibat serangga atau angin
  2. Adanya malnutrisi atau ketidakseimbangan distribusi zat makanan pada saat pembuahan
  3. Umur pohon kopi sudah di atas 10 tahun yang mengakibatkan penurunan kemampuan penyerbukan secara alami
  4. Kelainan genetika

Apabila menurut keterangan tersebut, ternyata kopi lanang merupakan kopi hasil proses alami, bukan rekayasa apapun.

Selanjutnya apa keistimewaan kopi lanang ?.

Sebenarnya kalau masalah aroma dan rasa, sangat relatif. Rasa dan aroma kopi sangat tergantung selera konsumen.

Apabila memperhatikan iklan penjualan kopi lanang, menyebutkan bahwa kopi lanang memiliki rasa yang lebih lembut, teksturnya padat, aromanya menyerupai kopi luwak. Selain itu juga kadar kafeinnya lebih tinggi 2,1% dari kopi biasa.

Dan yang paling menarik adalah kopi lanang ini diyakini memiliki khasiat untuk daya tahan laki-laki.

Kopi Lanang Ki Oyo kemasan kaleng 150 gr.
Kopi Lanang Ki Oyo kemasan kaleng 150 gr.
Karena kelangkaan dan dipercaya memiliki khasiat, membuat harga kopi lanang lebih mahal. Malahan dalam kasus tertentu, kopi lanang yang diproses melalui pencernaan luwak liar, harga kopi lanang luwak liar per kilogram mencapai Rp 1.000.000.

Nah, bagi penikmat kopi, tidak ada salahnya mencoba menikmati sensasi rasa kopi lanang yang diyakini memilik banyak khasiat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.