Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Tips Membersihkan Headlamp Great Corolla yang Mulai Kusam

Great Corolla bukan lah mobil baru, malah di sebuah grup facebook dikategorikan sebagai motuba alias mobil tua bangka. Tapi meskipun dikategorikan motuba, saya koq merasa tetap nyaman mengendarai Great ya hehehe...., ya soalnya ini adalah mobil yang digunakan harian, jadi harus dirawat agar tidak menyusahkan di jalan dan nyaman dikendarai.

Salah satu yang harus mendapat perhatian adalah headlamp atau lampu utama. Headlamp Great Corolla yang sudah berumur lebih dari 20 tahun secara alamiah akan mulai kusam. Hal ini selain mengurangi keindahan juga akan mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan, dan ini akan sangat mengganggu ketika traveling di malam hari.
Headlamp Great Corolla tahun 94 yang mulai kusam.
Ilustrasi headlamp Great Corolla tahun 94 yang mulai kusam.
Untuk memperbaiki headlamp Greco yang sudah mulai kusam sebenarnya sangat mudah. Untuk membuat kinclong headlamp Greco, tinggal bawa saja ke tukang poles, dijamin kinclong lagi.

Tetapi permasalahannya adalah ternyata ongkos memoles headlamp ternyata lumayan mahal. Ketika nanya-nanya, biaya poles headlamp di kisaran Rp 250 ribu-350 ribu sepasang. Lumayan mahal untuk ukuran headlamp yang udah tua, karena harga head lamp Great Corolla second-nya aja cuma di kisaran 500rb-900rb (second original koito).

Nah, dalam rangka pengiritan, saya browsing nyari tips membersihkan headlamp Great Corolla. Ternyata di internet banyak ditemukan cara membersihkan headlamp mobil.

Banyak sekali metode dan bahan yang berbeda. Saya memilih yang paling praktis dan paling murah dengan bahannya yang paling mudah didapat.

Setelah ketemu metode yang paling mudah, saya tidak langsung kerjakan secara langsung. Metodanya saya modifikasi untuk mempermudah proses pengerjaannya.

Berikut ini adalah ahan-bahan yang dibutuhkan untuk memoles headlamp Great Corolla :
  1. amplas halus (optional, tergantung kondisi headlamp)
  2. white compound
  3. silicon glaze

Tahapan pengerjaan memoles sendiri headlamp mobil adalah sebagai berikut :
  1. bersihkan permukaan headlamp yang akan dipoles, lalu keringkan
  2. perhatikan permukaan headlamp, apakah ada kotoran yang sudah mengerak ? kalau ada, amplas dulu pake amplas halus, setelah bersih lalu siram air dan  keringkan
  3. selanjutnya poles menggunakan white compund sampe permukaannya nampak bening sebening gelas hehehe
  4. setelah nampak bening, finishing dengan memolesnya menggunakan silicon glaze
  5. Selesai, dilanjutkan dengan ngopi deh hehehe...
Nah, berikut ini adalah headlamp Greco hasil memoles sendiri.
Headlamp Great Corolla tahun 94 hasil memoles sendiri.
Headlamp Great Corolla tahun 94 hasil memoles sendiri.
Headlamp Great Corolla 94 setelah dibersihkan, agak sedikit kinclong.
Headlamp Great Corolla 94 setelah dibersihkan, agak sedikit kinclong.
Permasalahan yang mungkin timbul setelah headlamp dipoles sendiri adalah ternyata batok reflektor headlamp-nya ternyata terlihat kusam atau kekuningan. Nah inilah kekurangan memoles sediri. Ini mungkin yang menyebabkan ongkos poles headlamp mahal, karena proses membongkar headlamp cukup ribet.

Itulah tips memoles headlamp Great Corolla yang bisa dikerjakan sendiri. Semoga bermanfaa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.