Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak

Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak

Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak

Buah Durian atau Duren (Durio zibethinus) dikenal memiliki aroma dan rasa yang khas. Aroma buah Duren yang menyengat bagi orang yang tidak menyukainya itu sebenarnya berasal dari kandungan alkohol buah Duren. Tetapi bagi para penikmat durian, rasa dan aroma buah durian inilah yang menjadi daya tariknya.

Karena rasanya yang lezat, buah Durian dijuluki oleh penggemarnya sebagai King of Fruit. Sayang sekali ketersediaan buah Duren tidak ada sepanjang waktu. Buah Durian ada hanya pada saat musim Durian saja.

Permasalahan utama dalam menikmati buah Durian adalah bagaimana memilih buah Durian yang bagus dan enak. Karena seringkali ketika kita membeli buah Durian, ketika dibawa dan dimakan di rumah, isi buah Durian tersebut tidak sesuai dengan harapan.
Durian kuning yang manis dan lezat rasanya.
Durian kuning yang manis dan lezat rasanya.
Buah Durian bisa dikategorikan buah mewah bagi sebagian orang. Hal ini karena harga buah Durian tergolong mahal. Harga sebutir buah Durian ukuran besar dan berkualitas bagus bisa mencapaia Rp 50-100 ribu. Terkadang malah tidak bisa ditawar.

Nah, agar tidak kecewa saat membeli buah Durian yang harganya mahal, berikut ini adalah tips bagaimana cara memilih buah Durian yang bagus dan enak. Tips ini berasal dari pengalaman berburu buah Durian, hasil browsing dan cerita dari pedagang buah Durian yang banyak ditemui di pinggir jalan.

Belilah buah Durian ketika musimnya
Musim buah Durian di sekitar Tasikmalaya setiap tahun biasanya jatuh pada bulan Januari-Februari. Pada bulan-bulan itu, hampir di semua tempat yang memiliki kebun durian dipastikan akan sangat banyak durian dijual oleh petani langsung di pinggir jalan. Buah Durian yang dihasilkan ketika musim kemarau rasanya lebih lezat dibandingkan ketika musim hujan.

Belilah di sentra-sentra buah Durian
Beberapa daerah dikenal sebagai sebtra buah Durian. Biasanya sentra buah Durian ini akan menghasilkan Durian dengan kualitas bagus. Sentra buah Durian yang cukup dikenal banyak sekali, jadi silahkan browsing saja ya, yang pasti hampir setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri.

Pilihlah buah Durian yang Matang di Pohon
Buah Durian yang matang di pohon dikenal dengan istilah Duren jatuhan. Duren jatuhan biasanya memiliki ciri tangkai batangnya ujungya membulat sempurna dan sedikit berserabut dan bukan bekas pisau.

Pilih buah Durian yang bentuknya sempurna
Buah Durian yang sempurna artinya berbentuk bulat dan tidak berlekuk-lekuk. Selain itu hindari buah Durian yang berlubang, karena mungkin akan ada ulatnya. Tetapi berbeda apabila ada luka bekas tupai, rasanya akan lebih manis. Selain itu, katanya buah Durian dengan jumlah juring 5 rasanya akan lebih manis. Apabila ingin mendapatkan buah Durian berdaging tebal, pilih yang bertangkai pendek durinya juga pendek.

Hindari memilih buah Durian  yang sudah terbuka karena istilahnya sudah masuk angin. Rasanya akan sedikit hambar dan kuran manis.

Aroma Buah Durian yang matang lebih wangi
Ambil sebutir buah durian kemudian coba mencium baunya. Buah Durian yang matang, walaupun belum dibelah, aroma wanginya sudah tercium. Dekatkan ke hidung dan hirup aromanya. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang.

Buah Durian yang matang jika dipukul bunyinya mendem
Setelah dicium aromanya, kemudiah ketuk-ketuk kulit buah Durian dengan gagang pisau. Jika durian bunyinya mendem berarti sudah matang. Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.

Duren yang matang tidak selalu harus berwana kuning
Warna kulit Buah durian yang matang memiliki variasi warna. Warna buah Durian yang sudah matang bisa saja memiliki warna : hijau, kuning, hingga kecoklatan. Kadang-kadang buah Durian berkualitas baik kulitnya berwarna hijau, dan sebaliknya warna kuning juga belum tentu telah matang. Sebagian besar Durian lokal, yang berwarna hijau menandakan telah matang.

Itulah beberapa tips cara memilih buah Durian yang berkualitas baik. Bagi para penikmat buah Durian, silahkan menambahkan tips lainnya jika masih ada di kolom komentar ya.

Selamat menikmati lezatnya buah Durian.
Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak Reviewed by Ghost Ships on 5:54:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.