Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Berpetualang di Merapi Lava Tour Bersama Keluarga

Gunung Merapi (2.968 m dpl) adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif dan berbahaya di Indonesia. Menurut catatan, Gunung Merapi meletus antara 2 sampai 5 tahun sekali.

Menurut pakar gunung berapi, sebenarnya letusan Gunung Merapi yang merupakan bencana alam tetapi akan ada hikmah atau manfaat setelah letusan terjadi. Selain membuat subur lahan pertanian, material pasir dan batu dari letusan dapat dijadikan bahan bangunan.

Hal lain yang sangat tidak terduga adalah ternyata kawasan bencana Gunung Merapi menjadi kawasan wisata minat khusus dengan menyusuri daerah-daerah bekas bencana letusan Gunung Merapi.

Setelah Gunung Merapi erupsi pada tahun 2006, kawasan Cangkringan-Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tempat Mbah Maridjan pernah tinggal, menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan.

Kawasan Cangkringan-Sleman menjadi tempat favorit untuk tour dengan meyusuri sisa-sisa dahsyatnya letusan gunung Merapi. Tour ini dikemas dalam paket Lava Tour Merapi.

Wefie bersama keluarga di kaki Gunung Merapi.
Wefie bersama keluarga di kaki Gunung Merapi.

Itinerary Merapi Lava Tour tidak memakan waktu yang lama. Biasanya 2-3 jam sudah selesai. Merapi Lava Tour biasanya diawali dari Obyek Wisata Kaliurang, kemudian menyusuri jalan berbatu dan menyeberangi Kali Kuning.

Tantang pertama Merapi Lava Tour adalah menyusuri Kali Kuning.
Tantangan pertama Merapi Lava Tour adalah menyusuri Kali Kuning.

Lokasi Kali Kuning dapat dilihat pada Google Maps berikut.



Saya lebih senang memulai Merapi Lava Tour tidak dari Kaliurang. Saya lebih memilih mulai dari Cangkringan. Selain lebih murah, juga bisa sekalian mampir ke Stone Henge Merapi dan The Lost World.

Kalau dari arah Kaliurang, ikuti jalan yang menuju ke arah Merapi Golf Club. Sebelum sampai ke padang golf, belok kiri ke arah Utara.

Rute menuju Merapi Lava Tour Kaliadem dapat dilihat pada screen capture Google Earth berikut ya.

Screen capture Google Earth dari Kaliurang ke Merapi Lava Tour Kaliadem.
Screen capture Google Earth dari Kaliurang ke Merapi Lava Tour Kaliadem.
Alamat Merapi Lava Tour berada di Umbulharjo, Cangkringan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat Merapi Lava Tour tepatnya berada pada titik S7.598073, E110.438922.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Merapi Lava Tour, dapat dilihat pada Google Maps berikut.



Lava Tour Merapi ini menyusuri jalan berbatu dan berliku menggunakan Jeep Willys. Ada beberap paket Merapi Lava Tour ini. Mulai dari paket sunrise sampai paket yang panjang memakan waktu sampai 3 jam. Harga masing-masing paket sudah standar dan seragam di semua penyedia paket Merapi Lava Tour.

Agar dapat menikmati petualangan Merapi Lava Tour bersama keluarga, sebaiknya berangkat sepagi mungkin. Hal ini agar bisa menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi yang selalu mengeluarkan asap sulfatara dengan jarak pandang hanya 2 km saja.

Berfoto bersama di atas Jeep Willys dengan background Gunung Merapi.
Berfoto bersama di atas Jeep Willys dengan background Gunung Merapi.

Selain menikmati pemandangan yang sangat indah, kita dapat memahami kedahsyatan letusan Gunung Merapi. Sisa-sisa kedahsyata letusan Gunung Merapi dapat dilihat dari barang-barang peninggalan penghuni rumah di Museum Sisa Hartaku di Gunung Merapi.

Dapat juga melihat bunker perlindungan yang tertimbun material letusan Gunung Merapi. Selain itu juga ada batu yang disebut Batu Alien, karena apabila difoto, nampak seraut wajah mengerikan di permukaan batu besar tersebut.

Kondisi track Merapi Lava Tour. Serunya mengikuti Merapi Lava Tour bersama keluarga
Serunya mengikuti Merapi Lava Tour bersama keluarga.
Agar selama berpetualang di jalan berpasir dan berbatu terasa nyaman, beberapa tips mengikuti Merapi Lava Tour bersama keluarga diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. usahakan tiba di tempat wisata sepagi mungkin, karena kalau sudah siang, selain panas juga terkadang puncak Gunung Merapi sudah tertutup awan.
  2. gunakan pakaian yang nyaman dan jangan lupa membawa topi dan masker.
  3. bawalah minuman segar dan makanan kecil agar tidak kehausan selama di perjalanan
  4. bawalah kamera yang tahan goncangan dan anti air, misalnya action cam.

Waktu yang tepat untuk menikmati petualangan Merapi Lava Tour bersama keluarga adalah ketika musim kemarau.

Selamat menikmati liburan ya....

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.