DMCA Protected

Booking by Pegipegi

loading...

Bersepeda ke Monumen Kapal Selam di Surabaya

Salah satu hal menarik ketika liburan di Surabaya adalah menikmati wisata bahari. Surabaya memiliki banyak obyek wisata bahari. Obyek wisata bahari yang ada di Surabaya diantaranya adalah : Surabaya North Quay, Wisata Anyar Mangrove, Monumen Jalesveva Jayamahe, Monumen Kapal Selam, Jembatan Suramadu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ternyata selain terkenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya cocok menyandang Kota Wisata Sejarah dan Bahari, Karena memiliki peninggalan sejarah dan bahari yang dapat membangkitkan jiwa semangat perjuangan dan mengenang kejayaan maritim Indonesia.

Monumen Kapal Selam atau warga Surabaya menyebutnya Monkasel adalah sebuah museum berupa kapal selam yang berada di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.
Monumen Kapal Selam adalahKRI Pasoepati 410.
Monumen Kapal Selam adalah KRI Pasoepati 410.
 Monumen Kapal Selam ini adalah kapal selam asli milik TNI Angkatan Laut, tipe Whiskey Class buatan Uni Soviet tahun 1952. Monkasel ini sebenarnya adalah  KRI Pasoepati 410 yang bertempur saat membebaskan Irian Barat 1960. Kapal selam ini pernah digunakan dalam Pertempuran Laut Aru dalam operasi Antareja Jaya Wijaya untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Ukuran Monkasel ini cukup besar dengan panjang 76,6 meter dan lebar 6,30 meter. Karena ukurannya yang besar, bisa dikatakan merupakan monumen kapal selam terbesar di kawasan Asia.

Monkasel dibangun untuk mengenang masa awal kejayaan maritim Indonesia. Dulu Surabaya merupakakan pangkalan Armada Laut Timur yang besar.

Apabila akan berlibur di Surabaya, dapat belajar sejarah di Monkasel. Alamat Monumen Kapal Selam Surabaya berada di Jalan Pemuda, berada tepat di sisi Sungai Kalimas, Surabaya, tidak jauh dari Plasa Surabaya. Koordinat Monumen Kapal Selam Surabaya tepatnya berada pada titik S7.265321, E112.750291.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Monumen Kapal Selam Surabaya dapat dilihat pada Google Maps berikut.

Pengunjung Monkasel selain dapat melihat bagian-bagian kapal selam, juga dapat melihat pemutaran film peperangan yang terjadi di Laut Aru.
Monumen Kapal Selam Surabaya tepat berada di sisi Sungai Kalimas.
Monumen Kapal Selam Surabaya tepat berada di sisi Sungai Kalimas.
Keliling obyek wisata di Surabaya dalam sehari bisa dilakukan dengan bersepeda. Hal ini karena Surabaya memiliki jalur khusus sepeda, juga karena ternyata jalanan di Surabaya sudah sangat rimbun dengan memiliki banyak taman kota. Taman Kota di Surabaya sudah sangat terkenal dan memperoleh penghargaan internasional.
Bersepeda menikmati obyek wisata Surabaya dalam sehari.
Bersepeda menikmati obyek wisata Surabaya dalam sehari.
Sebagai salah satu obyek wisata unggulan Surabaya, berkunjung ke Monumen Kapal Selam akan meninggalkan kesan mendalam dalam mengenang sejarah kamritiman Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...