Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Memanfaatkan Binokular sebagai Lensa Tele untuk Kamera Handphone

Penggunaan lensa tele di kamera DSLR adalah hal yang biasa. Manfaat lensa tele adalah supaya dapat memotret subyek yang memiliki jarak yang jauh agar nampak seperti close up. Demikian juga di kamera prosumer atau kamera pocket, terkadang memiliki kemampuan zoom yang cukup besar sehingga dapat memotret subyek yang jauh.

Nah, bisa gak ya kamera handphone berfungsi zoom seperti kamera DSLR atau prosumer ?. Sebenarnya sekarang ini banyak dijual lensa tele untuk kamera handphone di toko online. Tetapi saya pernah membeli koq hasilnya kurang memuaskan.

Belakangan mulai ramai dijual di toko online yang namanya lensbong atau lensa bongkaran. Lensbong ini harganya lebih mahal dibanding dengan lensa tele yang dijual untuk kamera hp. Berdasarka review beberapa pengguna lensbong, hasilnya memuaskan dengan harga yang bersahabat.

Alternatif lainnya adalah menggunakan binokular untuk dijadikan lensa tele pada kamera handphone. Kenapa saya memilih binokular ?. Alasannya karena saya memiliki binokular, jadi tidak perlu membeli lensbong.

Binokular Celestron Skymaster 25 x 70.
Binokular Celestron Skymaster 25 x 70.

Binokular sebenarnya adalah dua buah teleskop yang digabung menjadi satu dengan ditambahkan prisma sehingga gambar yang dihasilkan tidak terbalik.

Saya memiliki binokular Celestron Skymaster 25x70. Binokular ini memili optic yang cukup baik. Dengan menggunakan binokular skymaster ini saya dapat mengamati benda-benda langit jika cuaca cerah.

Cara menggunakan binokular sebagai lensa tele kamera handphone sangat mudah. Pasang binokular di tripod yang cukup kokoh agar tidak goyang. Karena binokular Celestron Skymaster 25x70 bobotnya cukup berat.

Selanjutnya posisikan lensa kamera handphone di belakang lensa okular binokular. Geser-geser posisinya agar mendapat gambar yang paling pas.

Saya pernah mencoba menggunakan kamera HP Nokia E06 dan Asus Zenfone 2. Berikut ini adalah beberapa foto hasil menggunakan binokular yang digunakan sebagai lensa tele.

Tower BTS dengan jarak sekitar 100 m.
Tower BTS dengan jarak sekitar 100 m. 
Agar foto terlihat lebih baik, foto tersebut dapat di-crop untuk menghilangkan seperti vignet di pojok-pojok foto. Selanjutnya dilanjutkan dengan editan standar agar kualitas foto lebih baik.

Ini adalah hasil dari cropping dan edit sederhana foto tower BTS.
Tower BTS setelah di-crop dan diedit.
Binokular Celestron Skymaster juga pernah saya gunakan sebagai lensa tele untuk memotret bulan. Saya memotret bulan menggunakan kamera Asus Zenfone 2.

Hasilnya lumayan lah. Berikut ini adalah foto bulan setelah cropping dan editing.

Foto bulan menggunakan kamera Asus Zenfone 2.
Foto bulan menggunakan kamera Asus Zenfone 2.

Sebenarnya binokular Celestron Skymaster ini sepertinya bisa digunakan untuk memotret benda langit menggunakan kamera handphone. Tetapi perlu latihan dan membiasakan saja.

Jadi jika sudah memiliki binokular, tidak perlu membeli lensa tele atau lensbong untuk kamera handphone, karena binokular dapat dimanfaatkan sebagai lesa tele untuk kamera handphone.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.