Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Tantangan Memotret Bayi

Bayi itu pada dasarnya memang lucu ketika dilihat. Mau bayi yang montok atau kurus, tetap menggemaskan ketika dilihat. Meskipun tampak lucu ketika dilihat, ternyata ketika akan memotret bayi itu tidak seindah dan semudah yang dibayangkan.

Ternyata cukup sulit untuk memotret bayi agar tampak menggemaskan agar nampak lucu seperti keseharian.

Tantangan memotret bayi itu ternyata cukup sulit. Diperlukan trik memotret bayi agar menghasilkan foto bayi sesuai dengan harapan.

Ilustrasi memotret bayi.
Ilustrasi memotret bayi.

Ketika akan memotret bayi, kamera yang disiapkan harus kamera DSLR atau bisa juga kamera mirrorless. Kenapa memotret bayi harus menggunakan kamera DSLR ?. Hal ini karena kamera DSLR memiliki banyak kelebihan, diantaranya memiliki ISO yang cukup tinggi, respon kamera yang cepat, memiliki fungsi continue shot, kualitas foto sangat baik dan dapat menggunakan beragam lensa.

Setelah kamera DSLR siap, lensa yang dipakai untuk memotret bayi sebaiknya menggunakan lensa dengan bukaan besar. Hal ini agar dapat menghasilkan foto bayi dengan bidang tajam sempit (bokeh) dan dapat digunakan dengan kecepatan tinggi tanpa menggunakan flash.

Memang ketika memotret bayi sebaiknya dihindari menggunakan flash. Penggunaan flash ketika memotret bayi akan mengganggu respon bayi terhadap cahaya.

Ketika memotret bayi diperlukan kesabaran. Ketika memotret bayi, kita harus selalu stand by dengan mata mengintip di rana. Siap siaga menunggu moment terbaik. Ketika ada moment terbaik, langsung jepret dengan continue shot.

Ketika memotret bayi, memang akan banyak menghamburkan shutter count. Hal ini karena ekspresi bayi tidak bisa dimanipulasi seperti memotret orang dewasa. Jadi ketika memotret bayi, foto-lah sebanyak mungkin moment terbaik. Nah, setelah itu baru dipilih foto terbaik.

Perlu kesabaran ketika memotret bayi.
Perlu kesabaran ketika memotret bayi.

Ada kepuasan ketika dapat memotret bayi dengan ekspresi terbaik.
Ada kepuasan ketika dapat memotret bayi dengan ekspresi terbaik.

Yang pasti, ketika memotret bayi, usahakan didampingi oleh ibu dan ayahnya. Hal ini agar mereka dapat berinteraksi sehingga menghasilkan moment terbaik.

Pencahayaan yang terbaik adalah memang available light. Available light yang terbaik ketika memotret bayi adalah pagi hari atau sore hari ketika cahaya cukup lembut tetapi sudah cukup terang.

Meskipun tantangan memotret bayi cukup banyak, tetapi ketika berhasil menghasilkan foto yang ada rasa kepuasan tersendiri.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.