Booking Hotel by Pegipegi

loading...

DMCA Protected

Uniknya Super Blue Blood Moon

Kejadian Gerhana Bulan Total yang terjadi pada tanggal 31 Januari 2018 semalam adalah sebuah fenomena alam yang setidaknya merupakan 3 fenomena Bulan sekaligus. Dalam Bahasa Inggris, fenomena gerhana bulan yang terjadi semalam dikenal dengan fenomena Super Blue Blood Moon Eclipse.

Disebut fenomena Gerhana Bulan Total Super Blue Blood, karena merupakan gabungan dari : gerhana bulan total, supermoon, blue moon dan blood moon.
Ilustrasi Gerhana Bulan Total, Super Blue Blood Moon.
Ilustrasi Gerhana Bulan Total, Super Blue Blood Moon.
Sebuah gerhana bulan total terkadang disebut blood moon karena biasanya bulan terlihat berwarna merah. Hal yang jarang terjadi adalah fenomena red blue moon.

Sedangkan fenomena dikatakan blue moon apabila terjadi bulan purnama yang kedua dalam 1 bulan atau purnama ketiga dalam 1 musim

Dikatakan supermoon karena Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi (perigee), sehingga tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya.

Ketika terjadi gerhana, Bulan akan ditutupi bayangan Bumi, membuat bulan akan tampak kemerahan seperti darah, sehingga disebut blood moon. Hal ini karena sinar matahari menembus atmosfer Bumi sebelum sampai ke Bulan. Gas-gas di atmosfer menyebarkan cahaya biru, dan meloloskan cahaya merah.

Fenomena Super Blue Blood Moon semalam adalah kejadian unik karena tiga fenomena ini secara bersamaan adalah kejadian langka, terakhir kali terjadi 152 tahun lalu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...