loading...

DMCA Protected

Road to Festival Gunung Ciremai

Kabupaten Kuningan, sejak lama dikenal sebagai kabupaten konservasi. Hal ini memang karena komitmen pemerintah daerah yang sangat baik untuk melakukan konservasi alam. Bupati Kuningan beserta jajarannya menyadari benar akan fungsi alam sebagai sumber kehidupan.

Semua stakeholders guyub untuk melakukan konservasi agar kelestarian alam tetap terjaga. Kuningan memang memiliki bentang alam yang khas dan masih memiliki banyak ekosistem yang unik. Salah satu kawasan yang memiliki karakter unik adalah Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai dilihat dari RPH Jahim BKPH Talaga KPH Majalengka
Gunung Ciremai dilihat dari RPH Jahim BKPH Talaga KPH Majalengka

Menurut Wikipedia, Gunung Ceremai (seringkali secara salah kaprah dinamakan Ciremai) adalah gunung berapi kerucut yang secara administratif berada di dalam wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Koordinat puncak kawah Gunung Ciremai tepatnya berada pada titik S6.89525 E108.40789 . Elevasi Gunung Ciremai berada pada 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat.

Kawasan Gunung Ciremai dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektar.

Sebagai salah satu upaya untuk city branding, akan diselenggarakan Festival Ciremai. Festival Ciremai akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Desember 2018 bertempat di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan.

Pada Festival Ciremai akan ditampilkan informasi mengenai keunikan dan keistimewaan wisata alam, seni budaya, kearifan lokal, kuliner, pendidikan dan kelembagaan.

Festival Ciremai mendapat dukungan dari Bupati Kuningan. Semoga dengan dukungan dari berbagai pihak, Festival Ciremai 2018 dapat terlaksana dengan sukses.

Audiensi dengan Bupati Kuningan terkait rencana Festival Ciremai 2018
Audiensi dengan Bupati Kuningan terkait rencana Festival Ciremai 2018

Untuk informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan Festival Ciremai 2018 dapat menghubungi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...