loading...

DMCA Protected

Apakah Worth It Berlangganan Internet dari PT Telkom?

Berdasarkan catatan yang ada, ternyata saya sudah menjadi pelanggan internet dari PT Telkom sejak Maret 2012. Itu artinya bulan ini adalah ulang tahun menjadi pelanggan PT Telkom yang ke-7. Selama sekitar 7 tahun menjadi pelanggan internet PT Telkom sudah banyak sekali suka dan duka. Tapi saya kira tidak perlu dibahas lah apa itu suka dan dukanya, sudah cukup banyak dibahas koq di media.

Kenapa saya bisa bertahan selama itu menjadi pelanggan PT Telkom ?. Alasan awal ketika itu adalah karena waktu itu, PT Telkom adalah satu-satunya yang memberikan layanan internet terbaik kala itu sampai beberapa tahun berikutnya.

Tetapi setelah banyak provider penyedia jasa layanan internet yang lain, apakah masih worth it berlangganan internet dari PT Telkom ?.


Rincian tagihan dari PT Telkom bulan Maret 2019.
Rincian tagihan dari PT Telkom bulan Maret 2019.

Ilustrasi rincian tagihan PT Telkom bulan Maret 2019 di atas sebagai ilustrasi, kalau setiap tahun selalu saja ada kenaikan tarif jasa telekomunikasi dari PT Telkom. Padahal tidak ada penambahan fasilitas atau peningkatan kapasitas.

Memang karena keterbatas budget untuk sambungan internet, mungkin saya hanya bisa berlangganan paket internet termurah dari PT Telkom. Tentunya dengan konsekuensi dan keterbatasan tentunya. Tetapi kenapa sejak 3 atau 4 tahun lalu saya mengembalikan pesawat telepon dan decoder UseeTV, eh tetap saja tagihan abodemennya dihitung paket.

Dengan kenyataan seperti itu, akhirnya saya berhitung rincian tagihan telepon PT Telkom dan manfaat yang bisa saya dapatkan. Apakah masih worth it berlangganan internet dari Telkom dengan biaya Rp 246.070/bulan ?.

Kalau untuk sekarang ini sih saya merasa rugi berlangganan internet dari Telkom, karena dengan bandwidth dan paket yang saya bayar belum sebanding dengan pesaing dari provider lain.

Sebagai perbandingan, saya juga berlangganan paket internet dari Satelindo dengan hanya Rp 75.000/bulan mendapatkan lebih dari 30 gb dengan speed yang lebih cepat dibandingkan dengan internet dari Telkom.
Paket internet dari Satelindo cuma Rp 75.000/bulan mendapat 35,7 gb.
Paket internet dari Satelindo cuma Rp 75.000/bulan mendapat 35,7 gb.
Setelah ada pembanding dari provider lain, sepertinya saya harus berfikir panjang jika harus tetap berlangganan internet dari Telkom dengan tarif (yang rasanya lebih mahal) seperti yang saya terima tagihannya bulan Maret 2019.

Jalan keluarnya adalah mengajukan keringanan pembayaran atau meminta diskon atau langganan internet tidak usah dibayar dan diputus saja, toh untuk kondisi sekarang sudah banyak pilihan provider internet di Indonesia.


Update :
Sore tadi tgl 26 Maret mendapat telepon dari customer care PT Telkom yang menyampaikan kalau tagihan sudah kembali ke tagihan awal.
Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.