loading...

DMCA Protected

Uniknya Anggrek Terkecil di Dunia-Tumbuh di Tahura Djuanda Bandung

Indonesia terkenal memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satunya adalah memiliki anggrek terkecil di dunia (Taeniophyllum glandulosum). Anggrek terkecil di dunia ini tumbuh di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda-Bandung. Anggrek terkecil di dunia ini merupakan salah satu keunikan Tahura Djuanda Bandung.

Anggrek terkecil di dunia (Taeniophyllum glandulosum)
Anggrek terkecil di dunia (Taeniophyllum glandulosum)

Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 2008, nampaknya keberadaan anggrek terkecil di dunia ini seperti luput dari perhatian. Hal ini mungkin disebabkan karena fisiknya yang sangat kecil. Ukuran anggrek terkecil di dunia ini kurang dari 0,5 cm.

Pengunjung Tahura Djuanda Bandung sering melewatkan mengamati anggrek ini. Selain ukuranya kecil, juga karena menempel di pohon Meranti Merah (Shorea sp.) setinggi 25 meter yang tumbuh di area blok pemanfaatan Tahura Juanda. Kulit pohon Meranti yang kasar agak menyulitan untuk menemukan keberadaan anggrek ini.

Pohon Meranti Merah tempat tumbuh Anggrek Thaenophylum.
Pohon Meranti Merah tempat tumbuh Anggrek Thaenophylum.

Untuk bisa menemukan Anggrek Thaenophylum tidaklah mudah. Karena anggrek ini, di Indonesia baru terdapat di dua lokasi yang diketahui tumbuh anggrek jenis ini. Anggrek Thaenophylum ditemukan di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat dan di Tahura Djuanda, Dago, Bandung, Jawa Barat.

Selfie di Tahura Djuanda Dago, Bandung.
Selfie di Tahura Djuanda Dago, Bandung.

Alamat Tahura Djuanda, Dago, Bandung berada di Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda Dago, Bandung. Lokasi Tahura Djuanda Dago, Bandung dapat dilihat pada google maps berikut.


Bagi para pecinta anggrek yang ingin melihat uniknya anggrek terkecil di dunia. dapat berkunjung ke Tahura Djuanda, Dago, Bandung.

***semua foto dihasilkan dari kamera HP Asus Zenfone 2***

6 comments:

  1. Wah saya baru tau Pak malahan,
    tapi setelah saya amati potonya, kok ngak menemukan angreknya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecil sekali Pak, hanya 0,5 cm, mungkin fotonya kurang detail krn cm menggunakan hape, harusnya pk lensa macro ya hehe, nanti klo pas lg berbunga akan saya foto lg.

      Delete
  2. Sudah aku zoom, tapi ga keliat, mana anggreknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg nampak seperti akar putih, mungkin karena kualitas foto kurang bagus, kalo suatu saat berbunga, saya coba foto lagi menggunakan kamera, ini cuma menggunakan hp

      Delete
  3. wahsudah ke tahura tp kok belum lihat ini ya

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.