loading...

DMCA Protected

Bilang ke Dilan, yang Berat itu Jaga Hutan

Meme Dilan 1990 sedang menjadi trending topic di medsos. Hash tag #memedilan sepertiya mendominasi twit belakangan hari ini. Banyak sekali meme Dilan berbagai versi. Mulai dari Meme Dilan versi Anak IPB dan ternyata Dosen Fahutan juga membuat meme Dilan versi Dosen. Luar biasa sekali memang.

Saya koq sepertinya gak mau kalah deh, setelah terinspirasi berbagai meme yang beredar, saya juga membuat meme Dilan versi Rimbawan.
bilang ke Dilan,
yang berat itu jaga hutan, bukan rindu
kamu gak akan kuat.
biar aku aja
Itulah penggalan meme Dilan versi Forester.

Drama percintaan Dilan itu tantangannya rindu. Jaga hutan itu tantangannya banyak, selain rindu (karena jauh dari orang-orang terkasih dan keramaian) juga tantangan fisik dan non fisik di hutan itu sangat berat.

Seperti komentar salah seorang kolega Rimbawan salah satunya adalah perambahan. Perambahan ini cuma 1 kata saja. Tetapi lihatlah dampak negatif perambahan terhadap hutan. Beberapa kawasan terlihat berwarna coklat ketika dilihat di google earth.

Kejadian banjir bandang yang melanda Garut pada tahun 2016 adalah salah satu indikasi rusaknya hutan di hulu sungai. Korban jiwa mencapai 20 orang dan kerugian materi yang tidak sedikit.

Pasca banjir bandang melanda, banyak orang bertanya, kenapa bisa terjadi ?.


Pada dua tahun lalu, sekitar bulan April 2015, saya sempat hunting foto di Pasirwangi dan sekitarnya. Beberapa foto itu saya posting di facebook berikut caption kekhawatiran kejadian bencana karena kondisi lahan yang tutupan lahannya kurang.

Apabila penggemar fotografi yang hunting di sana bukan seorang Rimbawan, mungkin yang terlihat hanya keindahan panorama alam di pegunungan. Foto landscape pegunungan memang sangat indah dan memanjakan mata.

Tetapi sebagai seorang Rimbawan, ketika hunting foto di pegunungan ini diiringi rasa ngeri ketika melihatnya.

Berikut ini adalah beberapa foto Pasirwangi sebagai hulu sungai Cimanuk sebelum kejadian banjir bandang melanda Garut.
Lereng tanpa tegakan dan ada larikan yang tegak lurus kontur.
Lereng tanpa tegakan dan ada larikan yang tegak lurus kontur.
Foto di bawah ini sangat membuat miris. Bayangkan, lereng yang curam seperti ini hanya tersisa 1 batang pohon. Apa yang akan terjadi jika curah hujan sangat tinggi ?.
Hanya tersisa 1 pohon di lereng curam.
Hanya tersisa 1 pohon di lereng curam.
Kerusakan lahan ini berimplikasi pada tingginya Rasio Koefisien Sungai (RKS). Ketika curah hujan tinggi, air yang jatuh sebagian besar akan menjadi run off jika kondisinya seperti ini.

Bencana kelam banjir bandang yang melanda Garut harus menjadi cambuk agar kita semua melakukan konservasi. Jangan lagi ada perambahan hutan.

Bagaimanapun, menjaga hutan itu berat, perlu dukungan semua stakeholders agar hutan terjadi kelestariannya.

2 comments:

  1. Sepertinya dilan itu jelmaan dari pinkan astala ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temennya Milea tah Pinkan mah Gan hahaha

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...