loading...

DMCA Protected

Ketika Ada Informasi Potensi Gempa Sangat Besar, Apa yang Harus Dilakukan ?

Gempabumi beruntun yang melanda Laut Selatan Pulau Jawa beberapa minggu belakangan ini sedang menjadi berita utama di media massa. Hal ini menjadi menarik karena sepertinya baru ada kejadian gempabumi yang berulang dalam waktu yang sangat berdekatan.

Kejadian gempabumi beruntun ini telah membuat panik banyak orang. Ditambah lagi beredar berita HOAX tentang akan adanya gempabumi besar yang akan terjadi.

Mungkin ada yang ingat kalau beberapa tahun lalu ada artikel tentanga Laut Selatan Mengirim Sinyal Ancaman Gempa, Kita Harus Waspada, Kemudian beberapa waktu lalu ada lagi artikel Gempa 8,7 SR Berpotensi Guncang Selatan Pulau Jawa.

Ketika membaca berita tentang gempabumi dan merasakan fenomena gempabumi beruntun, apa yang dirasakan ?. Takut, cemas, pasrah atau merasa terancam ?. Atau biasa saja alias tidak peduli ?.
Ilustrasi bangunan runtuh akibat gempa bumi besar. Foto : Pixabay. https://pixabay.com/id/gempa-bumi-puing-puing-runtuhnya-1665886/
Ilustrasi bangunan runtuh akibat gempa bumi besar. Foto : Pixabay.
Yang pasti, kita semua harus sadar, kalau potensi gempabumi itu memang ada. Tetapi sampai sekarang belum ada ahli gempa yang bisa meramalkan kapan akan terjadi gempabumi. Demikian juga ketersediaan alat juga belum ada yang mampu memprediksi kapan gempabumi akan terjadi.

Berdasarkan pendapat para ahli mitigasi bencana, kejadian bencana alam yang melanda Indonesia belakangan ini yang telah merenggut korban jiwa dan banyak kerugian material ini adalah karena akumulasi dari ketidakpedulian kita pada potensi bencana.

Masih banyak masyarakat yang meng-underestimate potensi gempa. Hal ini bisa memperburuk keadaan ketika terjadi gempabumi besar. Karena ada ignorance.

Informasi potensi gempa yang sebenarnya memang bisa membuat panik dan takut. Namun, bagaimanapun, informasi tetap perlu diberikan dengan cara komunikasi yang tepat sehingga tumbuh kesiapsiagaan menghadapi bencana serta perubahan sikap.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, saat ini belum mampu untuk meramal gempabumi. Ditambah lagi, penelitian tentang beragam patahan penyebab gempa, masih terbatas

Menurut ahli mitigasi bencana, menghadapi ancaman potensi gempabumi besar, masyarakat perlu memiliki ruang aman untuk berlindung saat gempabumi.

Ketika ada informasi potensi gempabumi sangat besar, kita perlu menyiapkan ruang aman bisa berupa ruang atau sudut mana pun di dalam rumah yang dibangun tahan gempa. Strategi ini merupakan alternatif, ketika membangun rumah tahan gempa masih sulit.

Mitigasi ini perlu dikampanyekan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Daerah.

Disarikan dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...