loading...

DMCA Protected

Mengenal Pinjaman Online

Permasalahan utama ketika akan memulai sebuah usaha baru adalah modal awal. Ketika akan mengajukan pinjaman ke bank, banyak sekali syarat yang harus dipenuhi.  Ketika berhubungan dengan bank menjadi momok yang menakutkan, maka pinjaman online merupakan alternatif pembiayaan masa kini di era milenial.
Kelebihan pinjaman online
Sejalan dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia, ternyata penyedia pinjaman online juga semakin tumbuh dan berkembang.  Pertumbuhan ini tentunya sejalan dengan semakin tingginya demand pengajuan kredit secara online.

Pinjaman online adalah jenis fasilitas pinjaman yang dapat langsung cair tanpa jaminan. Produk ini merupakan alternatif solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai lebih cepat.
Semua persyaratan dan prosedur yang semula harus dilakukan dengan tatap muka pun tidak diperlukan lagi. Bahkan, wawancara kelayakan kredit di era pinjaman online ini cukup dilakukan melalui telepon.

Jika ingin mendapatkan suku bunga lebih rendah, Anda dapat mengajukan asset sebagai jaminan. Apabila sewaktu-waktu Anda tidak dapat melunasi dalam jangka waktu yang ditentukan, bisa melakukan negoisasi untuk memperpanjangnya.

Tumbuh dan berkembangnya pinjaman online merupakan fenomena menarik dalam industry keuangan di Indonesia. Sejak tahun 2016 bermunculan perusahaan penyedia jasa pinjaman online.

Pinjaman online ini biasanya menawarkan kredit kepada nasabah dengan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan perbankan konvensional. Salah satu kemudahan pinjaman online adalah tidak mensyaratkan BI checking.

Selain itu juga proses pencairan dana yang lebih cepat. Biasanya juga pinjaman online ini tidak menerapkan persyaratan yang ketat untuk proses pengajuan kredit.

Produk pinjaman online ini memberikan kemudahan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan kesibukan yang padat. Karena Anda tidak harus datang ke cabang setiap bank untuk mengumpulkan informasi terkait produk yang diinginkan. Proses pengambilan keputusannya juga memerlukan waktu yang tidak lama, hanya 24 jam dengan proses pencairan dana minimal 3 hari kerja.

Selain prosesnya yang mudah, tenor yang diberikan juga cukup panjang, maksimal 20 bulan. Dengan pinjaman online, kebutuhan hidup yang sifatnya mendadak dapat langsung dipenuhi dengan mudah.
Di samping cepat dan praktis, produk pinjaman online juga mematok suku bunga lebih rendah daripada lembaga lembaga keuangan pada umumnya. Penetapan rating pada tingkat bunga pinjaman, disesuaikan dengan ada atau tidaknya jaminan yang diberikan kepada sang peminjam.

Namun demikian meskipun banyak kemudahan, tetapi sebagai calon nasabah tetap harus waspada dan hati-hati ketika akan mengajukan pinjaman online. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sebagai nasabah kredit mendapat perlindungan dari Pemerintah. Syarat utamanya tentu perusahaan penyedia jasa pinjaman online harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kenapa harus terdaftar di OJK ?.
Perusahaan pinjaman online harus memiliki legalitas yang jelas. Dengan janji mereka memberikan pinjaman langsung cair, jika perusahaan belum terdaftar maka akan besar risikonya. Pastikan legalitasnya, karena hal tersebut terkait dengan perlindungan konsumen.

Nasabah akan mendapatkan perlindungan sebagai konsumen yang sudah terdaftar karena perusahaan wajib mematuhi ketentuan, etika serta perilaku yang telah ditetapkan regulator. Jika Anda pernah mengetahui cara penagihan tidak pantas dari perusahaan peminjaman dana online, hal tersebut bisa diminimalisir.

Perusahaan fintech yang telah terdaftar harus mengikuti ketentuan OJK yang melarang dan akan menindak tegas perilaku dan etika penagihan yang tidak baik terhadap nasabah.

Lalu jenis-jenis pinjaman online apa saya yang sudah dapat dilayani ?  
Jenis pinjaman dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, jangka waktu angsuran, suku bunga, agunan dan tujuan pembiayaan.
1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Fasilitas pinjaman online ini memudahkan Anda untuk mendapatkan pinjaman tanpa harus mengagunkan aset. Namun, pada umumnya penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA.
2. Kredit Karyawan
Fasilitas pinjaman online ini dikhususkan bagi karyawan yang masih aktif bekerja di suatu Lembaga atau instansi. Syaratnya hanya menambahkan SK pengangkatan kerja dan juga slip gaji dari perusahaan.
Dengan fasilitas pinjaman ini Anda dapat menggunakan dananya untuk merenovasi rumah, membiayai pendidikan anak ataupun kebutuhan lainnya.
3. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
Sesuai namanya, fasilitas pinjaman online ini diperuntukkan untuk membiayai pembelian kendaraan bermotor untuk individu ataupun badan usaha.
4. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Bagi Anda yang menginginkan hunian yang nyaman, Anda dapat mengajukan pinjaman online untuk memiliki rumah yang Anda inginkan. Selain bank, ada juga Lembaga keuangan berbasis teknologi atau fintech yang menyediakan layanan serupa.
5. Pinjaman Usaha
Tujuan dari pinjaman usaha tak lain untuk memenuhi modal usaha seseorang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan modal yang kurang mencukupi saat akan membangun suatu usaha.

Berapa besar plafon Pinjaman Online yang disediakan ?
Plafon pinjaman online yang disediakan umumnya mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta. Namun dengan adanya aset yang dijaminkan, plafon pinjaman yang bisa Anda dapatkan bisa lebih besar lagi.

Sudah banyak testimoni positif tentang pinjaman online ini. Tunggu apa lagi agar dapat lebih mengetahui tentang pinjaman online langsung saja kunjungi https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online agar lebih memahami produk pinjaman online.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.