loading...

DMCA Protected

Menjelajahi Keunikan Pulau Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan kepulauan yang berada sebelah Utara Jakarta di Laut Jawa. Pusat Pemerintahan Kepulauan Seribu berada di Pulau Pramuka. Jarak pusat Pemerintahan Kepulauan Seribu dari Jakarta kurang lebih sekitar 50 km.

Kepulauan Seribu memang terdiri atas banyak pulau. Meskipun begitu, tidak semua pulau berpenghuni. Malah ada pulau yang besarnya hanya kurang lebih setengah ukuran lapangan bola volley.

Berkunjung ke Pulau Pramuka, pusat Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.
Berkunjung ke Pulau Pramuka, pusat Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Jumlah pulau di Kepulauan Seribu mungkin tidak tepat berjumlah 1000 buah pulau, tetapi mungkin karena banyaknya pulau, maka sering disebut Pulau Seribu. Mungkin karena banyaknya pulau maka diistilahkan menjadi Pulau Seribut. Sama halnya dengan Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang yang sering disebut Seribu Candi.

Meskipun pusat Pemerintahan Kepulaun Seribu ada di Pulau Pramuka, tetapi ternyata luas Pulau Pramuka hanya 99, 8 ha saja. Sebagai perbandingan, luas Kebun Raya Bogor sekitar 80 ha. Nah, terbayang kan seberapa besar Pulau Pramuka ?.

Tetapi berbeda dengan Kebun Raya Bogor yang bentuknya seperti membulat, bentuk Pulau Pramuka ini memanjang dari Utara ke Selatan sebagai sisi terpanjang. Jadi untuk mengelilingi Pulau Pramuka bisa ditempuh dalam sehari saja.

Sunset yang indah di Pulau Pramuka
Sunset yang indah di Pulau Pramuka

Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dapat dilihat pada Google Maps berikut.



Ketika saya upload foto di facebook tentang Pulau Pramuka, ada yang bertanya, koq Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ?.

Salah satu keunikan Pulau Seribu adalah memang bentuk pemerintahannya. Bentuk pemerintahan Pulau Seribu adalah memang kabupaten dan dipimpin oleh seorang Bupati, tetapi sebagai sebuah administrasi dan Bupati Pulau Seribu adalah pejabat karir bukan dipilih melalui pemilu pemilihan bupati seperti kabupaten lain di Indonesia.

Keunikan Pulau Seribu lainnya adalah ternyata merupakan kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Karena memang kewenangan pengelolaan hutan KLHK adalah kawasan mulai dasar laut sampai dengan puncak gunung tertinggi.

KLHK mengelola Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.
KLHK mengelola Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

Pulau Seribu adalah salah satu spot diving dan snorkling terbaik di Indonesia.
Pulau Seribu adalah salah satu spot diving dan snorkling terbaik di Indonesia.

Sarana transportasi di Kepulauan Seribu adalah kapal atau perahu. Penduduk Pulau menyebutnya ojek. Jadi ojek di Pulau Seribu bukan sepeda motor.

Penduduk Pulau apabila akan pergi ke Jakarta menggunakan kapal menyebutnya akan pergi ke kota. Tetapi jika akan pergi ke Tangerang atau Jawa Barat menyebutnya pergi ke darat. Nah, unik kan ?.

Jika ingin berkunjung, waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pulau Seribu adalah antara bulan Maret-Oktober. Disarankan tidak berkunjung ke Pulau Seribu antara bulan November- Februari karena biasanya sedang angin barat, yang mengakibatkan hujan dan ombak besar.

Jika ingin menjelajahi keunikan Pulau Seribu, dapat menggunakan kapal Predator dari Pelabuhan Marina Taman Impian Jaya Ancol. Selain itu, dapat juga dapat menggunakan kapal motor penumpang dari Pelabuhan Muara Angke.

Jika menggunakan kapal Predator, waktu tempuh ke Pulau Seribu dari Marina sekitar 1 jam. Sedangkan jika menggunakan kmp, waktu tempuh ke Pulau Seribu dari Muara Angke sekitar 3 jam.

Selamat berlibur di Kepulauan Seribu....

3 comments:

  1. aku baru tahu nih soal bentuk pemerintahannya pulau seribu. pernah ke pulau seribu baru ke 3 pulau aja,

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...