Booking Hotel by Pegipegi

loading...

DMCA Protected

Tips Ketika Akan Membeli Mobil Baru

Sudah hampir sepuluh tahun ini saya menggunakan Toyota Great Corolla tahun 1994 untuk digunakan sehari-hari. Mobil Great Corolla ini sudah tidak lagi dikategorikan sebagai mobil muda, malah cenderung sudah masuk kategori mobil tua bangka atau motuba di salah satu grup facebook.

Meskipun Greco termasuk kategori mobil sedan, tetapi ternyata penggunaannya cukup ekstensif karena ini memang adalah mobil harian yang saya gunakan. Setiap hari saya gunakan untuk bekerja dan terkadang terpaksa harus ke lapangan yang tidak nyaman jika menggunakan sedan.

Ilustrasi sedan Great Corolla ketika dibawa ke Gunung Papandayan, Garut.
Ilustrasi sedan Great Corolla ketika dibawa ke Gunung Papandayan, Garut.

Ditambah lagi sekarang ini sudah hampir setahun kembali bekerja di kehutanan karena program P3D. Konsekuensinya adalah lebih sering ke lapangan yang terkadang kondisi jalan tidak manusiawi untuk sebuah sedan.

Sepertinya karena tuntutan, terpaksa harus memikirkan untuk membeli mobil baru. Bukan perkara yang mudah ketika memutuskan harus membeli mobil baru, sehingga browsing sana sini dan tanya sana sini juga.

Setelah browsing ke sana ke mari, akhirnya ketemu tips ketika akan membeli mobil baru.

Buat daftar kemungkinan penggunaan mobil
Hal pertama adalah pikirkan bagaimana mobil baru nanti akan digunakan. Apakah akan digunakan untuk harian di dalam kota atau digunakan di medan yang kurang baik.

Apakah memiliki bayi sehingga harus menggunakan carseat ?.

Terakhir, pertimbangkan berapa jumlah keluarga yang akan menjadi penumpang mobil baru nanti.

Pertimbangkan anggaran
Sama seperti ketika akan membeli rumah, pertimbangkan berapa anggaran yang tersedia. Apabila akan membeli mobil secara cash, berapa uang yang dimiliki.

Apabila akan menggunakan jasa leasing, berapa kemampuan untuk mencicil setiap bulannya.

Lakukan sedikit riset
Cara mudah untuk riset adalah dengan cara browsing di beberapa website ATPM. Bandingkan berbagai merk dan tipe.

Bandingkan antara fitur mobil dan harga yang ditawarkan.

Kunjungi Dealer yang menyediakan mobil pilihan
Setelah riset secara online di website dealer mobil, selanjutnya datangi dealer yang menyediakan mobil pilihan. Tanyakan kemudahan atau fasilitas yang diberikan dealer ketika membeli mobil di sana.

Lakukan test drive
Sebuah mobil akan nampak sangat luar biasa di iklan. Kelihatan luar biasa. Tetapi tidak akan pernah tahu bagaimana kenyamanan mobil baru yang sesungguhnya tanpa mencoba.

Maka datangi dealer dan lakukan test drive.

Mencari second opinion atas mobil pilihan
Second opinion bisa diperoleh dengan membaca atau ikut diskusi di forum-forum diskusi online. Biasanya di sana akan menemukan berbagai pendapat terkait mobil baru.

Bagi yang baru saja membeli mobil baru, apakah memiliki tips ketika membeli mobil baru ?. Silahkan tulis di komentar ya.

2 comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...