Booking Hotel by Pegipegi

loading...

DMCA Protected

Review Ban Maxxis Baru

Setelah beberapa tahun ini mengunakan ban depan Maxxis Larsen Mimo dan ban belakang Maxxis Larsen TT pada sepeda Specialized, akhirnya harus ganti juga karena sudah gundul. Untuk mengganti ban sepeda baru bukan perkara mudah karena ternyata harga ban sepeda Maxxis lumayan mahal juga.

Ternyata jenis ban sepeda Maxxis banyak sekali, ini sedikit membuat bingung. Agak bingung bagaimana memilih ban sepeda yang tepat ?. Setelah membaca review tentang ban sepeda Maxxis, akhirnya diputuskan rencananya akan membeli kombinasi ban sepeda Maxxis Ardent ukuran 26 x 2.25 untuk ban belakang dan Maxxis High Roller II ukuran 26 x 2.35 untuk ban depan.
Ban sepeda Maxxis baru.
Ban sepeda Maxxis baru.
Tetapi ternyata rencana tidak sesuai dengan realisasi. Hal ini kareana ternyata karena frame sepeda Specialized S-Work yang saya miliki ternyata tipe lama dan apabila menggunakan ban belakang Maxxis Ardent ukuran 26 x 2.25 tidak akan muat. Kalau ban depan, shock breaker depan sepeda RST Omega TNL travel 120 cukup untuk menggunakan ban Maxxis Ardent ukuran 26 x 2.35, tetapi ternyata di toko sepeda di Tasikmalaya kedua jenis ban sepeda tersebut tidak ada stok.

Toko sepeda malah menyarankan agar menggunakan ukuran yang lebih kecil karena dikhawatirkan akan gasrut ke frame sepeda dan agak berat dikayuh apabila sepeda dipakai untuk penggunaan harian. Akhirnya pilihan ukuran berubah menjadi ban sepeda ukuran 26 x 2.10.

Pilihannya adalah membeli ban sepeda di toko online. Eh apesnya lagi pada waktu itu tidak ada ukuran dan tipe sepeda yang direncanakan. Akhirnya ganti alternatif menjadi Maxxis High Roller untuk ban depan dan Maxxis Advantage untuk ban belakang.
Ban sepeda belakang Maxxis Advantage 26 x 2.10.
Ban sepeda belakang Maxxis Advantage 26 x 2.10.
Ban sepeda depan Maxxis High Roller 26 x 2.10.
Kedua tipe ban sepeda tersebut memang tidak terlalu berbeda tipe kembangnya. Berdasarkan review ban sepeda Maxxis yang ada di grup gowes, kedua jenis ban sepeda Maxxis tersebut cukup nyaman digunakan harian dan apabila dipakai untuk cross country dan main lumpur sekali-kali.

Setelah ban sepeda datang, tidak sabar ingin segera dipasang dan dicoba. Berdasarkan penampakan, kesan pertama kembang ban sepeda Maxxis High Roller dan Maxxis Advantage terlihat bagus dan gagah. Tetapi sayang sekali, ternyata untuk ban depan terlihat lebih kurus dari bayangan, mungkin seharusnya ban depan tetap Maxxis High Roller II ukuran 26 x 2.35.

Kedua ban sepeda Maxxis baru tersebut, baru dicoba di jalan aspal dan sedikit jalan tanah, belum dicoba untuk jalan berlumpur atau jalan berpasir. Tetapi berdasarkan impresi pertama menggunakan ban sepeda Maxxis di jalan aspal hotmix, tipe Maxxis High Roller agak kurang stabil ketika dipakai berbelok, mungkin hal ini karena ada celah antara alur tengah dan pinggir.

Tipe kembang seperti ban Maxxis High Roller ini nampaknya akan lebih cocok digunakan di jalan berpasir atau jalan berlumpur. Berdasarkan review tipe-tipe ban sepeda Maxxis menurut penggunaan forum-forum penggemar sepeda, tipe yang nyaman digunakan harian dan sedikit jalan basar dan berlumpur adalah untuk ban depan menggunakan Maxxis High Roller II dan ban belakang menggunakan Maxxis Ardent.

Itulah review ban sepeda Maxxis High Roller dan Maxxis Adavantage menurut impresi pertama digunakan di jalan aspal hotmix. Untuk jalan lumpur, jalan berpasir atau jalan tanah basah, menunggu moment untuk mencoba track-nya dulu deh, nanti akan ditulis review selanjutnya.

Selamat berlibur menggunakan sepeda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...