loading...

DMCA Protected

Mengoptimalkan Penggunaan Foto di Blog sebagai Salah Satu Teknik SEO

Berdasarkan ensiklopedia online Wikipedia, arti SEO dalam Bahasa Indonesia sebagai optimisasi mesin pencari. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, SEO adalah Search Engine Optimization.

SEO adalah upaya yang dilakukan secara sistematis dengan maksud untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari.

Tujuan utama penerapan SEO adalah agar sebuah situs web berada pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Nah itulah gambaran arti SEO. Teknik SEO yang pasti harus dipahami oleh blogger agar blog yang dikelola menempati posisi yang baik di mesin pencari.
Ilustrasi optimasi SEO di Seo, Google, Search, Engine, Optimization, Web. Sumber : Pixabay.
Ilustrasi optimasi SEO di Seo, Google, Search, Engine, Optimization, Web. Sumber : Pixabay.
Saya tidak akan menulis artikel tentang bagaimana teknik SEO dapat meningkatkan traffic kunjungan ke blog. Karena dalam hal ini saya tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membahasnya. Biarlah blogger senior yang dapat memberikan pencerahan tentang bagaimana teknik dasar SEO untuk meningkatkan traffic blog.

Sebagai seorang penggemar fotografi, aset yang paling berharga tentunya adalah stok foto dari hasil hunting. Lalu bagaimana stok foto yang ada dapat digunakan untuk meningkatkan traffic blog ?.

Ada istilah di kalangan penggemar fotografi kalau A picture is worth a thousand words. Selanjutnya kalau untuk blogger, bagaimana kalau sebuah foto tidak hanya bernilai seribu kata. Tetapi bagaimana agar sebuah foto dapat menarik ribuan pengunjung.

Hal ini bisa dilakukan jika dioptimalkan dengan cara yang benar. Bagi blogger yang memiliki stok foto banyak, mari kita mulai optimalkan foto di blog untuk teknik SEO.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan foto di blog sebagai salah satu teknik SEO.

Cara pertama yang dilakukan adalah rename file foto menjadi nama file yang relevan dengan niche blog atau kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencari, misalnya seo-tips-2018.jpg.

Dengan mengganti nama file seperti itu, gambar atau foto akan muncul ketika seseorang memasukan kata kunci tips SEO 2018 di mesin pencarian.

Selanjutnya tambahkan alt text dan title text yang memberikan deskripsi foto. Title text adalah teks yang muncul di halaman jika foto gagal dimuat. Hal ini, memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi foto yang ada di posting blog.
Foto sebaiknya ditambahkan title text dan alt text.
Foto sebaiknya ditambahkan title text dan alt text.
Terakhir yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan foto di blog sebagai salah satu teknik SEO adalah pastikan ukuran foto yang di-upload tidak terlalu besar agar memudahkan loading halaman blog. Namun demikian, meskipun foto di-resize jangan sampai mempengaruhi kualitas foto.

Itulah 3 tips memanfaatkan foto di blog untuk meningkatkan traffic blog.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...