loading...

DMCA Protected

Kurir J & T Express yang Aneh

Ini sebenarnya adalah kebodohan kedua saya memilih jasa kurir J & T Express, setelah sebelumnya kecewa dengan komplain J & T Express yang Tidak Express. Kekecewaan kedua ini diawali dari adanya promo gratis ongkos kirim di Bukalapak menggunakan J & T Express.

Pada hari Kamis (25/1/2018) saya membeli 2 barang yang berbeda dari 2 toko online di Bukalapak. Kedua toko itu berada di Bandung, barang yang saya beli adalah pakaian dan makanan. Malam harinya, kedua toko mengirimkan barang pada waktu yang kurang lebih sama.
Promo gratis ongkir dengan J&T Express dari Bukalapak
Promo gratis ongkir dengan J&T Express dari Bukalapak
Pada hari Jumat (26/1/2018) pagi, kedua barang sudah sampai di Tasikmalaya
J & T Express track paket, 2 barang yang berbeda.
J & T Express track paket, 2 barang yang berbeda.
Tapi ada yang aneh, 1 paket yang berisi makanan malah bermasalah scan. Saya tidak mengerti prosedur dan arti kode status pengiriman di J & T Express. Sementara paket yang berisi pakaian tampak normal status pengirimannya.

Paket yang berisi pakaian seperti biasa paket normal, Jumat sore sampai ke tujuan.

Justru yang aneh adalah kenapa berdasarkan histori pengiriman dari Bukalapak malah paket dikirim kembali ke BDO_GATEWAY.
Histori pengiriman dari Bukalapak
Histori pengiriman dari Bukalapak
Karena penasaran, lalu saya kembali membuka tracking J & T, dan hasilnya memang paket untuk dikirim ke Tasikmalaya dan sudah sampai di Tasikmalaya malah dikirm kembali ke BDO_GATEWAY.

Mungkin itu adalah prosedur penangan paket di J & T. Tetapi adalah sangat aneh, barang sudah sampai ke kota tujuan malah dikirim kembali ke kota pengirim. Kalau salah alamat, kan ada no telepon penerima, J & T kan bisa kontak penerima.
Screen capture paket dikirim kembali ke BDO_GATEWAY
Screen capture paket dikirim kembali ke BDO_GATEWAY
Setelah kejadian tempo lalu paket tujuan Tasikmalaya dikirim ke Cirebon lalu ini yang kedua paket sudah sampai di tujuan dikirim kembali ke kota pengirim nampaknya kurir J & T Express emang aneh.

Dan yang terlambat ini adalah makanan yang berpotensi mengalami kerusakan karena penurunan kualitas rasa apabila lama di perjalanan.

Saran saya kepada Bukalapak, sebaiknya apabila akan memberikan promo gratis ongkos kirim, sebaiknya menggunakan jasa kurir yang lain saja. Karena berdasarkan hasil chatting dengan beberapa seller di Bukalapak, ternyata banyak yang kecewa dengan pelayanan J & T karena paket nyasar ke mana-mana atau paket salah kirim malah kalau paket terlambat udah cerita biasa komplain di twitter J & T.

Update :
Paket diterima hari Sabtu (27/1/2018) siang. Ini dia tracking-nya, yang lucu adalah hari Jumat paket sudah di Tasikmalaya tetapi ada di cabang lain yang jaraknya sekitar 5 km, karena kesalahan sortir, dan bodornya paket dikirim balik ke Bandung bukan langsung diserahkan ke kurir yang semestinya mengantar,.

Mungkin itu adalah prosedur di J&T kalau ada paket salah kirim dalam satu kota dikirim balik ke kota pengirim. Huft gak efisien sekali.
Screen capture tracking paket J&T yang 2 kali bulak balik Bandung Tasikmalaya.
Screen capture tracking paket J&T yang 2 kali bulak balik Bandung Tasikmalaya.

4 comments:

  1. J&T suka gitu mas. Kayaknya enggak pada bisa baca alamat yang tertulis, sebab saya juga punya pengalaman paket itu diputer-puter malah menjauh dari alamat tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya 2 kali kecewa dengan layanan J&T, konon banyak paket hilang juga, saya liat di timeline twitter @JNTExpressID

      Delete
  2. Saya blm pernah pakai J&T. mosok dah sampai ke kota rujuan balik maning ke kota pengirim ya. Boros di ongkos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ongkos gak nambah sih Gan, itu risiko mereka, tapi dari segi waktu, penerima rugi, karena jadi mundur 1 hari.

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...