loading...

DMCA Protected

Menikmati Liburan di Papandayan Camping Ground

Garut sebagai Swiss van Java memang terkenal memiliki banyak keindahan panorama alam. Salah satunya adalah kawasan Gunung Papandayan. Akses jalan menuju ke Gunung Papandayan sudah sangat baik, bisa menggunakan sepeda motor, mobil biasa atau bahkan bis bisa masuk sampai ke tempat parkir kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Di sekitar kawasan TWA Gunung Papandayan, sekarang ini telah bermunculan obyek wisata alam yang cocok untuk wisata keluarga (family gathering). Hal menarik yang bisa dikerjakan di TWA Papandayan tentunya adalah mendaki Gunung Papandayan atau sekedar menikmati hiking ke kawah Gunung Papandayan dan berenang di kolam air panas Camp David atau menikmati padang edelweis, atau camping di Pondok Saladah.

Mungkin menginap menggunakan tenda di TWA Gunung Papandayan sudah terlalu mainstream. Apabila ingin merasakan sensasi yang berbeda, dapat mencoba menginap di rumah pohon. Pengunjung dapat menikmati liburan dengan menginap di Papandayan Camping Ground.



Papandayan Camping Ground atau penduduk setempat menyebutnya PCG adalah salah satu obyek wisata terbaru di Garut yang berada di kawasan Nangklak Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. PCG ini konsep awalnya adalah memang kegiatan camping.

Pada beberapa tahun ke belakang, pengunjung Gunung Papandayan mengenal PCG sebagai Rest Area Nangklak.  Awalnya, PCG ini hanya sebuah bukit biasa yang memiliki hamparan rumput hijau yang indah. Karena keindahannya, penggiat wisata setempat menyebutnya Bukit Teletubbies versi Garut.

Sejalan dengan berkembangnya kawasan Gunung Papandayan menjadi daerah tujuan wisata unggulan Kabupatan Garut, PCG berbenah menjadi kawasan wisata alam yang menyediakan berbagai fasilitas pendukung wisata.

PCG adalah tempat yang tepat untuk melepas kepenatan dari kesibukan kota besar dengan hiruk pikuknya. Ketika menginap di PCG, pengunjung akan merasakan sensasi melewati malam yang berbeda.

Alternatif pilihan menginap di PCG, pengunjung dapat memilih menggunakan tenda, cabin, atau rumah pohon. Semuanya pada areal yang berdekatan sehingga suasana tidak jauh berbeda.
Rumah pohon di Papandayan Camping Ground
Rumah pohon di Papandayan Camping Ground
Kegiatan yang bisa dilakukan ketika menginap di PCG tentunya adalah api unggun atau menikmati pesta berbeque. Agar dapat menikmati malam di PCG, pengunjung dapat membawa bahan makanan yang dapat dijadikan makanan yang dibakar, misalnya : jagung, sosis ikan atau daging.
Menikmati api unggun sambil bakar sosis di Papandayan Camping Ground
Menikmati api unggun sambil bakar sosis di Papandayan Camping Ground
Selain untuk kegiatan camping atau menginap, ternyata masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di PCG. Kegiatan yang paling sering dilakukan adalah tentunya selfie karena banyak sekali spot-spot selfie menarik di PCG.

Selain selfie, pengunjung dapat melakukan kegiatan outbound, karena tersedia berbagai fasilitas game, seperti : flying fox, sky bike, jembatan goyang dan masih banyak kegiatan yang terus bertambah.
Area permainan di Papandayan Camping Ground
Area permainan di Papandayan Camping Ground
Apabila akan menginap di Papandayan Camping Ground, jangan lupa membaya peralatan tambahan, seperti : lampu senter, sleeping bag atau selimut, dan power bank. Di PCG tidak tersedia wifi dan sinyal selular juga terbatas.

Penerangan listrik di PCG sudah menggunakan green energy berupa pembangkit listrik mini micro hydro di siang hari. Ketika malam terkadang dibantu genset. Adapun listrik yang tersedia hanya cukup untuk penerangan dan sekedar untuk charge handphone.

Bagi yang akan berkunjung, alamat Papandayan Camping Ground berada di Jl. Raya Kawah Papandayan KM 5,8, Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44163. Koordinat Papandayan Camping Ground tepatnya berada pada titik S7.300870, E107.753665.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Papandayan Camping Ground, dapat dilihat pada Google Maps berikut.


Ketika ingin menikmati suasana yang berbeda, menikmati liburan di Papandayan Camping Ground adalah pilihan terbaik di Garut.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...