Booking Hotel by Pegipegi

loading...

DMCA Protected

Kenapa Harga Durian lebih Bertahan ketika Panen Raya Sekalipun ?

Buah Durian atau Duren atau dalam bahasa Latinya adalah Durio zibethunus adalah salah satu buah lokal yang memiliki rasa dan aroma yang kuat. Tetapi ternyata tidak semua orang menyukai buah Durian, karena apabila dikonsumsi terlalu banyak akan membuat mabuk Durian. Meskipun demikian, ternyata banyak manfaat buah Durian untuk kesehatan.

Musim Durian biasanya panen raya sekitar bulan Januari-Februari setiap tahunnya. Pada umumnya harga produk pertanian ketika musim panen raya harganya jatuh. Tetapi kenapa harga Durian ketika panen raya harganya tetap mahal ?.

Buah Durian yang menggoda selera
Buah Durian yang menggoda selera
Berdasarkan pengamatan ketika wisata kuliner buah Durian, ternyata penggemarnya memang kalangan terbatas, dalam arti yang hunting Durian sudah dipastikan adalah pehobi. Nah, dari sini sebenarnya bisa sedikit dianalisis berdasarkan hobi.

Pada umumnya barang-barang yang dikoleksi pehobi, harganya tidak jelas, alias terkadang memang harga barang yang dicari pehobi biasanya lebih mahal dibanding harga pada umumnya.

Coba perhatikan deh harga burung yang milik kolektor pehobi, biasanya harganya lebih mahal. Begitu juga ketika sedang booming tanaman hias gelombang cinta, harganya menjadi sangat mahal.

Buah Durian berlimpah ketika panen raya
Buah Durian berlimpah ketika panen raya
Itulah yang dimanfaatkan oleh penjual buah Durian yang membaca situasi penggemar buah Durian. Harga buah Durian di tingkat petani terkadang hanya sepertiga dari harga jual di tingkat penjual.

Alasan klasik dari para penjual buah Durian kenapa tetap menjual mahal selalu ada saja. Salah satu alasan penjual buah Durian adalah ketika mereka membeli buah Durian dari petani selalu borongan, nah ternyata dalam satu pohon tidak semua rasanya memuaskan.

Selain itu biasanya penjual buah Durian selalu memberikan garansi jika rasanya tidak manis atau busuk akan diganti.

Dua alasan itu yang membuat penjual buah Durian biasanya selalu menjual dengan harga lebih mahal. Nah bagi penggemar buah Durian, agar dapat membeli dengan harga yang lebih murah, usahakan membeli langsung dari petani.

Membeli langsung dari petani selain bisa mendapat buah Durian dengan harga yang lebih murah, juga dapat membantu petani meningkatkan penghasilan karena jika diborong oleh tengkulak, harganya jauh lebih murah.

Mungkin itulah alasan kenapa harga buah Durian lebih bertahan ketika panen raya sekalipun. Untuk meningkatkan pendapatan petani buah, mari kita mulai mengkonsumsi buah lokal dan membeli langsung dari petani.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...