loading...

DMCA Protected

Wisata Keluarga ke Small World, Miniatur Dunia di Purwokerto

Salah satu cita-cita travelers adalah bisa berkeliling dunia dan melihat berbagai keajaiban dunia. Tetapi kendalanya adalah selain biaya tentunya juga memerlukan waktu yang tidak sebentar. Bagi travelers dari Indonesia, kalau hanya ingin melihat suasana bernuansa luar negeri sebenarnya sudah ada Rumah Hobit di Farmhouse, Little Venice, juga Museum Angkut di Malang.

Nah, ada lagi obyek wisata menarik di Purwokerto yang berisi berbagai bangunan yang masuk keajaiban dunia. Di Purwokerto telah hadir Taman Miniatur Dunia atau Small World Purwokerto. Small World Miniatur Dunia ini adalaha sebuah tempat rekreasi sekaligus wahana edukasi yang berisi berbagai miniatur landmark dari berbagai belahan dunia.

Small World, salah satu tempat instagramable di Purwokerto.
Small World, salah satu tempat instagramable di Purwokerto.

Pengunjung Small World Purwokerto dapat menikmati berbagai bangunan terkenal di Indonesia, seperti Rumah Gadang dari Sumatera Barat, rumah Honai dari Papua dengan rumah Honai, Tugu Monas, Patung Soedirman dan bahkan ada Miniatur Bundaran HI.

Selain menghadirkan landmark Indonesia, Small World Purwokerto juga menghadirkan berbagai miniatur bangunan terkenal dari seluruh dunia, seperti Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Patung Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, dan Opera House Sidney.

Berbagai miniatur land mark dari seluruh dunia ini masih terus ditambah sejalan dengan perkembangan dan perluasan obyek wisata Small World Purwokerto.

Mungkin pembangunan obyek wisata Small World Purwokerto ini terinspirasi oleh Madurodam dari Belanda. Madurodam adalah sebuah kota miniatur yang terletak di Scheveningen, Den Haag, Belanda.

Madurodam adalah model dari sebuah kota di Belanda dalam skala 1:25, terdiri dari bangunan-bangunan khas Belanda dan landmarks seperti yang ditemukan di berbagai lokasi di Belanda.

Bagi yang akan berkunjung, Alamat Small World berada di Jalan Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturraden, Karangmangu, Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. Koordinat Small World tepatnya berada pada titik S7.331956, E109.224968.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Small World, dapat dilihat pada Google Maps berikut.



Berkunjung ke Small World Purwokerto dapat dijadikan alternatif berlibur bersama keluarga yang murah meriah. Karena harga Tiket masuk ke Small World sangat terjangkau, hanya Rp 20ribu untuk dewasa dan Rp 10rb untuk anak-anak (kurang dari 12 tahun).

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Small World Purwokerto ini adalah pagi hari atau sore hari. Ketika siang hari, kondisi di Small World sangat tidak nyaman, karena sangat terik. Hal ini karena di dalam obyek wisata Small World masih sangat gersang, belum ada pepohonan yang rindang. Selain itu, bunga yang ada juga adalah bunga plastik, sehingga kurang memberikan kesegaran.

Selain kondisi yang gersang, ternyata di dalam obyek wisata Small World tidak terdapat mushola. Mushola berada di luar obyek wisata, sehingga harus keluar dulu apabila akan menunaikan ibadah shalat. Semoga ke depannya sejalan dengan pembangunan, dapat disediakan mushola di dalam.

Hal lain yang mengurangi kenyamanan adalah petugas parkir di Small World Purwokerto. Menurut ukuran saya, tarif parkir di Small World terlalu mahal untuk kunjungan yang cuma 1-2 jam saja. Ketika saya berkunjung dikenakan Rp 10rb tanpa karcis parkir dengan alasan tiket habis.

Meskipun masih banyak kekurangan, nampaknya keberadaan Small World di Purwokerto ini cukup menarik banyak pengunjung. Berkunjung ke Small World Purwokerto ini cukup untuk sekedar selfie.

Setidaknya dengan akses yang mudah terjangkau, wisata keluarga ke Small World Miniatur Dunia di Purwokerto ini merupakan salah satu tempat instagramable di Purwokerto Utara.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...