Booking Hotel by Pegipegi

loading...

DMCA Protected

Hutan Kota Bungkirit di Kuningan, Tempat yang Tepat untuk Gathering

Pertama kali mendengar Hutan Kota Bungkirit itu dari salah seorang kolega yang seorang ahli perencanaan wilayah. Beliau titip pesan untuk menengok Hutan Kota Bungkirit ketika saya alih tugas ke Kuningan.

Hutan Kota Bungkirit adalah salah satu hutan kota di Kunigan. Menurut informasi, konon katanya Kabupaten Kuningan memiliki 9 hutan kota yang tersebar di beberapa tempat.

Kebetulan sekali, beberapa hari lalu ada undangan untuk bertemu dengan rekan-rekan kerja baru di Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII. Ternyata hutan kota Bungkirit di Kuningan ini sangat nyaman sebagai tempat gathering.

Hutan Kota Bungkirit di Kuningan, Tempat yang Tepat untuk Gathering
Hutan Kota Bungkirit di Kuningan, Tempat yang Tepat untuk Gathering

Hutan kota Bungkirit di Kuningan ini memang nyaman untuk digunakan sebagai tempat pertemuan karena lokasinya sangat dekat dengan pusat kota. Jarak hutan kota Bungkirit dari pusat kota Kuningan hanya sekitar 2 km saja dan dapat ditempuh dalam 10 menit saja.

Selain itu, fasilitas yang ada cukup lengkap. Fasilitas yang ada di hutan kota Bungkirit mulai dari gazebo yang dapat digunakan untuk tempat pertemuan, juga dilengkapi kantin,  sarana bermain anak-anak, toilet, dan mushola.

Tempat bermain anak di Hutan Kota Bungkirit, Kuningan.
Tempat bermain anak di Hutan Kota Bungkirit, Kuningan.
Gazebo dan bangku taman yang nyaman di hutan kota Bungkirit
Gazebo dan bangku taman yang nyaman di hutan kota Bungkirit

Area terbuka yang dapat digunakan untuk berkumpul di hutan kota Bungkirit
Area terbuka yang dapat digunakan untuk berkumpul di hutan kota Bungkirit

Mushola di hutan kota Bungkirit Kuningan
Mushola di hutan kota Bungkirit Kuningan

Pengunjung hutan kota Bungkirit biasanya berkunjung dalam rangka rekreasi. Bagi penggemar olahraga, dapat jogging atau hiking mengelilingi hutan kota. Untuk jogging dapat mengeliling jaringan jalan-jalan setapak, sampai menikmati jembatan panjang dari besi yang ada di hutan kota Bungkirit.

Selain menikmati kesejukan dan rindangnya pepohonan, pengunjung hutan kota Bungkirit dapat juga dijadikan sarana belajar di luar ruang bagi anak sekolah. Hal ini karena koleksi flora dan fauna di hutan kota Bungkirit cukup beragam.

Koleksi tanaman di hutan kota Bungkirit Kuningan diantaranya adalah : jati putih (Gmelina arborea), mahoni (Swietenia macrophylla), kayu afrika (Maesopsis eminii), dan trembesi (Samanea saman). Ada juga tanamah lain yang banyak ditemukan di sini adalah : nangka (Artocarpus heterophyllus), petai (Parkia speciosa), cengkeh (Syzygium aromaticum), salam (S. polyanthum), aren (Arenga pinnata), bambu aur (Bambusa vulgaris), dan  masih banyak lagu yang lainnya.

Ternyata ada juga beberpa jenis yang tumbuh liar seperti beunying (Ficus fistulosa), bisoro (F. hispida), pangsor (F. callosa), kareumbi (Homalanthus populneus), dan mara (Macaranga tanarius).

Sedangkan jenis satwa yang sering terlihat di hutan kota Bungkirit diantaranya adalah beberapa jenis burung : tekukur (Stigmatopelia chinensis), kutilang (Pycnonotus aurigaster), jogjog (P. goiavier), jalak (Acridotheres javanicus), kahkeh (Todirhamphus chloris), dan juga ayam hutan (Gallus gallus).

Dengan semakin rimbunnya hutan kota Bungkirit, semakin banyak hewan liar yang menghuni kawasan hutan kota ini. Hutan kota Bungkirit menjadi tempat hidup beberapa jenis mamalia kecil seperti kelelawar, bajing (Callosciurus notatus), dan careuh (Paradoxurus hermaphroditus). Selain mamalia, ada juga reptil seperti : ular kobra (Naja sputatrix), kadal (Eutropis multifasciata), beberapa jenis katak dan keuyeup (Parathelphusa convexa).

Bagi yang akan berkunjung, alamat hutan kota Bungkirit berada di Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Koordinat hutan kota Bungkirit tepatnya berada pada titik S6.975889, E108.465343.

Untuk memudahkan menemukan lokasi hutan kota Bungkirit dapat dilihat pada Google Maps berikut.




Nah, dengan mudahnya akses dan lokasi yang dekat dengan pusat kota, menjadikan hutan kota Bungkirit di Kuningan ini merupakan tempat yang tepat untuk pertemuan atau gathering.

***semua foto dihasilkan dari kanera HP Asus Zenfone 2***

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...