loading...

DMCA Protected

Ketika Sejarah Berulang

Ada kutipan yang sangat terkenal dari Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia yang Pertama, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.
Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat Jasmerah.

Itu artinya bahwa sejarah adalah sesuatu yang dapat dijadikan cermin. Sehingga ke depannya agar tidak terjadi hal-hal yang buruk terulang.

Menikmati sejuknya pagi di Kuningan, dengan bersepeda ke kantor CDK VIII
Menikmati sejuknya pagi di Kuningan, dengan bersepeda ke kantor CDK VIII

Ternyata, dalam hidup ini seperti deret bilangan saja. Selalu ada pengulangan dengan pola yang sama.

Ketika tahun 2005, saya mendapat kesempatan melanjutkan sekolah S2 dengan program beasiswa Pusbindiklatren Bappenas di Institut Teknologi Bandung. Saya tidak akan bercerita bagaimana cara memperoleh beasiswa dan bagaimana dapat menyelesaikan tugas belajar S2 dengan tepat waktu.

Kali ini saya hanya ingin cerita tentang adanya pengulangan di hidup ini. Ketika itu, si Cikal masih baru masuk Taman Kanak-Kanak dan harus ditinggal kos selama 2 tahun. Eh, ternyata ketika tahun 2018 ini, saya mendapat promosi dan harus pindah ke Kuningan ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII.

Jarak antara Tasikmalaya-Kuningan dengan Tasikmalaya-Bandung kurang lebih sama. Tetapi bedanya adalah Tasikmalaya-Kuningan relatif lancar tidak ada kemacetan, kecuali ada longsor. Karena memang rute Ciamis-Kuningan adalah daerah rawan longsor terutama di Panawangan.

Tasikmalaya-Kuningan dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mobil. Mungkin kalau menggunakan sepeda motor, dapat ditempuh dalam 2 jam. Tetapi cuaca yang tidak menentu, sering tiba-tiba hujan, maka menggunakan sepeda motor bukan pilihan terbaik.

Pilihan terbaiknya adalah harus kos di Kuningan. Ya, pengulangan mulai lagi. Ketika ini si Bungsu memang sudah Sekolah Dasar tetapi sepertinya polanya sama.

Dengan pola yang sama, semoga terjadi lagi pengulangan ketika akan bersama lagi bersama keluarga. Saya dapat menyelesaikan tugas belajar dalam 13 bulan, semoga kali ini pun saya tidak jauh dari 13 bulan dapat kembali ke Ciamis atau ke Tasikmalaya.

Semoga sejarah berulang kembali.

2 comments:

  1. Can you tell us more about this? I'd like to find out some additional information.

    ReplyDelete
  2. It is aрpropriate ttime tօ make ѕome plans foor thе long run and it is
    tiume to be hɑppy. I һave reɑd thіѕ post and iif I couⅼԀ І wisһ too recommend you ffew fascinating things or advice.
    Ꮲerhaps you can wгite next articles relating to this article.
    I wish to read even morе issues abоut it!

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...