loading...

DMCA Protected

Akhirnya Punya Juga Kartu ATM/Debit Logo GPN

Mungkin kartu ATM/Debit berlogo GPN belum terlalu populer di kalangan nasabah perbankan. Kartu ATM/Debit berlogo GPN adalah kartu ATM/Debit terbaru yang diterbitkan perbankan Indonesia.

GPN adalah kependekan dari Gerbang Pembayaran Nasional.  GPN adalah sebuah terobosan baru dari Bank Indonesia dengan mengintregasikan berbagai pembayaran secara nasional.

Kartu ATM/Debit Bank BJB berlogo GPN
Kartu ATM/Debit Bank BJB berlogo GPN

Kartu ATM/Debit GPN mempunyai ciri khas yaitu pada setiap kartunya tercetak logo burung Garuda berwarna merah, yang dikeluarkan oleh setiap bank. Sudah ada 9 (sembilan) bank yang sudah siap melayani kartu ATM/Debit berlogo GPN.

Bank yang sudah bisa melakukan penukaran/penerbitan kartu ATM/Debit logo GPN, di antaranya adalah : Bank BCA, Bank BRI, Mandiri, BNI, BJB, BTN, Permata, Mandiri Syariah, dan Bank Artha Graha.

Bagaimana cara memiliki kartu ATM/Debit logo GPN ?. Bagi nasabah lama, dapat langsung menukarkan kartu ATM/Debit lama ke cabang bank penerbit terdekat untuk diganti dengan kartu ATM/Debit GPN baru secara gratis. Sedangkan bagi nasabah baru, bank akan langsung mencetak kartu ATM/Debit dengan logo GPN.

Menurut BI, ada beberapa manfaat yang akan diperoleh jika memiliki kartu ATM/Debit GPN, diantaranya yaitu :
  • kita dapat melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. lebih terjamin keamanannya dalam transaksi karena fitur yang terstandardisasi, di samping seluruh prosesnya yang dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.
  • tidak dikenakan biaya oleh merchant karena penetapan Merchant Discount Rate (MDR).
  • kanal pembayarannya sudah saling terkoneksi dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas). 
  • biaya administrasinya lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di jaringan domestik sehingga bisa lebih efisien.


Tetapi sayang sekali, salah satu kekurangan kartu ATM/debit logo GPN adalah untuk sementara hanya bisa digunakan di Indonesia saja, belum bisa digunakan di luar negeri.

Meskipun demikian dalam rangka mendukung kebijakan nasional, mari kita gunakan kartu ATM/Debit berlogo GPN.

4 comments:

  1. wihh udah ganti aja atmnya ada gpn.. :) keren ya indonesia udah punya sistem sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, lebih efisien untuk transaksi dalam negeri

      Delete
  2. 2 bulan lalu saya bikin rek di mandiri, tentu sama atmnya juga. tp sayangnya yang diberikan berlogo visa.

    kemudian saat sya tanya kembali bisa ga tukar ke gpn, mereka bilang stok nya ga ada. padahal saya pengen salah 1 debit saya berlogo gpn untuk mendukung negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut informasi yg saya terima, dalam bulan ini ada program penukaran di cabang bank penerbit terdekat secara gratis gan...

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...