loading...

DMCA Protected

Cara Mengatasi Remote Control AC Rumah yang Bermasalah

Memasang AC di rumah dalam kondisi suhu udara yang biasanya panas sepertinya suatu kebutuhan. Kebutuhan akan kenyamanan agar kita merasa nyaman tinggal di rumah.

Nah, sudah hampir 2 bulan ini suhu udara di Tasikmalaya cukup dingin. Suhu udara dini hari di Tasikmalaya bisa mencapai 18-20 oC.

Suhu udara yang cukup dingin ini tentunya mengurangi penggunaan AC di rumah. Otomoatis selama 2 bulan lebih ini AC rumah tidak dinyalakan. Yang jadi permasalahan, ternyata ketika AC mau dinyalakan menggunakan remote control, AC rumah tidak mau nyala.

Ilustrasi remote control AC rumah
Ilustrasi remote control AC rumah

Wah, jangan-jangan AC rumah rusak. Agar mendapat informasi yang jelas, sebelum nelepon ke service center resmi, saya browsing dulu cara mengatasi remote AC rumah rusak.

Ternyata ada 2 kemungkinan penyebabnya, yang pertama sensor remote control di unit indoor AC atau remote controlnya yang rusak. Untuk mengetahui kerusakan ada di unit atau bukan, AC dinyalakan secara manual dengan menekan tombol ON/OFF di unit indoor AC, dan masih nyala. Ketika tombol remote control selain ON/OFF ditekan, ternyata AC mati. Artinya unit AC tidak rusak, kemungkinannya adalah remote control AC rumah rusak.

Karena tidak bisa memperbaiki, akhirnya manggil service center AC yang kebetulan dekat dari rumah. Setelah dilakukan pengecekan, menurut mekanik, memang remote control AC-nya rusak dan harus diganti.

Menurut service center AC, memang spare part remote control AC itu ada umur pakainya. Menurut mekanik, umur pakai remote control AC rumah sekitar 7 tahun.

Untuk mengatasi remote control AC rumah yang bermasalah, ternyata harus diganti karena sudah lewat umur pakainya. Untuk ke depan, mungkin jika remote control AC rusak lagi, mendingan beli remote control AC universal saja yang mungkin lebih murah.

Semoga saja remote control AC ini awet lebih dari 7 tahun hehehe....

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...