DMCA Protected

Cuti Akhir Tahun 2018 yang Melelahkan

Cuti akhir tahun adalah libur yang ditunggu, karena berbarengan dengan libur anak sekolah dan juga libur natal dan tahun baru. Karena ada cuti bersama, jadinya cuti bisa lebih panjang. Tetapi risiko libur panjang adalah kemacetan di mana-mana karena merupakan peak season.

Cuti akhir tahun 2018, diajukan sejak pertengan Desember 2018. Seperti biasa, cuti tidak ditolak, dan dapat cuti selama 5 hari kerja. Jadi plus libur dan cuti bersama, bisa liburan lebih lama, total menjadi 12 hari plus hari libur. Sebenarnya sayang banget, karena masih ada sisa 7 hari cuti yang belum sempat diambil.

Izin cuti akhir tahun 2018.
Izin cuti akhir tahun 2018.

Rencana liburan ketika cuti sudah disusun. Itinerary selama 12 hari sudah dibuat. Tetapi apa daya, ternyata di awal-awal hari cuti, ada undangan rapat di Bandung yang harus hadir secara pribadi. Terpaksa, 1 hari harus ke kantor karena harus menyiapkan bahan dan 1 hari ke  Bandung untuk rapat.

Karena sudah kadung ada di Pangandaran, kebayang deh harus ke Kuningan, terus ke Bandung. Memang penuh dilema, kondisi akhir tahun kondisi lalu lintas sangat padat, untuk efiesien harus naik sepeda motor, tetapi karena musim hujan terpaksa menggunakan mobil, jadi deh lebih lama.

Akhirnya semua urusan beres dan liburan akhir tahun dimulai. Liburan akhir tahun ketika musim hujan memang penuh tantangan, karena cuaca tidak bisa ditebak. Agar liburan tetap nyaman, dibuat beberapa alternatif tempat jika cerah atau hujan.

Traveling akhir tahun dimulai dari Pangandaran dengan tujuan Yogyakarta. Liburan ke Yogyakarta bersama keluarga direncanakan 3 hari 2 malam.

Jalur jalan yang akan ditempuh direncanakan melewati jalur jalan Daendels atau Petanahan untuk mengantisipasi kemacetan di Jalur Selatan. Sayang sekali karena ada pembangunan bandara internasional Yogyakarta di Kulonprogo, ada penutupan jalur jalan Daendels (Petanahan) di simpang empat pantai Glagah, Temon, Kulonprogo.

Akhirnya sampai juga di Yogyakarta dan sesuai dengan prediksi, ada kemacetan di mana-mana. Untung sudah menyusun itinerary liburan, jadi sudah ada plan A, plan B dan seterusnya agar liburan masih tetap bisa dinikmati.

Dengan kondisi musim hujan dan kemacetan di mana-mana, membuat cuti akhir tahun 2018 sangat melelahkan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.