loading...

DMCA Protected

Bahaya yang Mengintai di Lampu Merah

Ternyata banyak bahaya yang mengintai di lampu merah, selain jebakan tilang di traffic light tentu saja. Kenapa saya bilang lampu merah berbahaya ?.

Sebagai ilustrasi saja, tadi pagi, saya berangkat kerja dari rumah pukul 05.00 WIB pagi. Seperti biasa melewati simpang Padayungan Tasikmalaya yang menurut saya waktu menyala hijau dan merah serta jedanya agak kurang pas, karena seringkali ada kendaraan yang terjebak di tengah.

Ilustrasi lampu merah (traffic light) atau APILL. Foto : pixabay.
Ilustrasi lampu merah (traffic light) atau APILL. Foto : pixabay.

Tadi pagi, saya melihat tragedi kecelakaan yang tidak seharusnya terjadi. Tadi pagi, saya melihat tabrakan antara sepeda motor matic dengan sebuah angkot. Sepertinya tabrakannya hadap-hadapan atau suka dibilang adu bagong.

Saya lihat salah seorang pengendara motor tidak bisa bangun, yang satunya sudah bisa duduk. Saya merasa aneh saja, kenapa di lampu merah bisa tabrakan hadap-hadapan gitu. Memang pagi itu lampu lalu lintas sedang tidak difungsikan, hanya warning light saja kuning kedip-kedip.

Kecelakaan di lampu merah memang seringkali terjadi, padahal seharusnya tidak terjadi sih. Sehingga saya berkesimpulan kalau memang banyak bahaya mengintai di lampu merah.

Lalu apa saja bahaya yang harus diwaspadai di lampu merah ?.

Yang pasti, pelanggar lampu merah. Saya gak habis pikir selalu saja ada mobil atau sepeda motor yang melanggar lampu merah. Padahal risikonya sangat tinggi karena bisa saja terjadi tabrakan seperti tadi pagi.

Selanjutnya adalah kendaraan tidak bermotor. Seringkali kendaraan tidak bermotor, seperti becak, delman, atau sepeda suka seenaknya di lampu merah. Ini juga bahaya, karena bisa tiba-tiba tertabrak.

Pedagang asongan, pengamen, peminta sumbangan juga berbaya di lampu merah.

Dan yang sering tidak merasa salah adalah belok kiri langsung. Padahal, menurut saya, belok kiri tidak boleh langsung ketika lampu menyala merah kecuali ada tambahan pengatur misalnya belok kiri jalan terus. Jadi menurut saya tulisan belok kiri mengikuti APILL tidak perlu dipasang, cukup jika ada yang boleh belok kiri langsung saja yang dipasang.

Silahkan barangkali pembaca ada yang ingin menambahan bahaya lain yang mengintai di lampu merah.

Itulah bahaya yang mengintai di lampu merah, yang pasti selalu hati-hati dan waspada.

4 comments:

  1. kadang kita sudah hati2 tapi justru orang lain yang membahayakan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain hati2 juga harus waspada terhadap bahaya lain ya Mbak

      Delete
  2. terutama kalau malam saat lampu traffic light hanya berkedip kuning. ada aja kendaraan yang ngebut padahal justru disitu juga sering terjadi tabrakan. Padahal maksud lampu kuning yg berkedip kan lebih diminta berhati-hati aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar Mbak, saya pernah lihat jam 5 pagi angkot tabrakan dengan motor ketika lampu lalin kedap kedip kuning

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.