loading...

DMCA Protected

Cara Menyelamatkan Diri dari Sambaran Petir ketika Traveling di Musim Hujan

Bulan Januari sampai dengan Februari biasanya adalah puncak musim penghujan. Malah di beberapa daerah tertentu disertai juga hujan deras yang disertai sambaran petir dan juga angin kencang. Nah, ketika harus traveling di musim hujan dengan kondisi seperti itu apa  yang harus diantisipasi ?.

Ilustrasi badai petir kilat. Foto : pixabay.
Ilustrasi badai petir kilat. Foto : pixabay.
Ketika traveling di musim hujan, yang paling harus diwaspadai adalah bahaya sambaran petir. Bahaya sambaran petir adalah hal yang paling krusial, karena hampir tidak ada yang selamat dari sambaran petir.

Karena sambaran petir adalah fenomena alam, tidak ada cara untuk mengendalikannya, yang memungkinkan adalah bagaimana cara menyelamatkan diri dari sambaran petir ketika beraktifitas outdoor.

Ada artikel menarik di instragram Balai Taman Nasional Gunung Ciremai tentang cara menyelamatkan diri dari sambaran petir.

Pertama, hindari bidang terbuka, puncak bukit atau puncak gunung.
Kedua, jika berada di hutan atau tinggal di dekat pohon tinggi, jauhi pepohonan yang tinggi dan tempat yang terisolasi atau benda tinggi lainnya.
Ketiga, jika berada dalam suatu kelompok, menyebarlah dan hindari berjalan secara berkelompok.
Keempat, jauhi air, benda basah seperti tali, dan benda logam seperti pagar dan tiang. Air dan logam tidak menarik petir, tapi mereka adalah konduktor listrik yang sangat baik. Arus dari kilat akan dengan mudah mengalirkan arus dengan jarak yang jauh.

Karena bencana alam memang sulit diprediksi, kita harus selalu tanggap dan waspada.

2 comments:

  1. terima kasih sangat bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  2. intinya tetap waspada dan bisa membaca tanda/gejala fenomena alam

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.