DMCA Protected

Trip Singkat Sambil Uji Coba Tol Solo-Kertosono

Sejak Tol Solo-Kertosono diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, baru hari Jumat tanggal 29 Maret 2019 kemarin mencobanya. Trip singkat kemarin sebenarnya dalam rangka mendampingi si Bungsu ikut lomba final Omnas tingkat nasional di Universitas Ma Chung Malang. Untungya ada libur di hari Rabu, jadi bisa sekalian cuti singkat 3 hari, di harpitnas-nya hehehe...

Karena tujuan utamanya bukan untuk liburan, jadi harus nyari alternatif rute Tasikmalaya-Malang yang paling efisien. Efisien dalam hal waktu, biaya, dan jarak tempuh. Akhirnya diputuskan untuk trip singkat sambil uji coba Tol Solo-Kertosono dari Tasikmalaya ke Malang via Pare-Kandangan-Batu.

Rute perjalanan Tasikmalaya-Malang via tol Solo-Kertosono
Rute perjalanan Tasikmalaya-Malang via tol Solo-Kertosono

Berdasarkan pengalaman trip ke Jawa Timur menggunaan jalan Nasional lintas Selatan Tasikmalaya-Surabaya, waktu tempuh mencapai 20 jam plus istirahat. Trip ke Malang kali ini mencoba tol baru yaitu Solo-Kertosono.

Kenapa saya memilih keluar tol Kertosono Kediri ?. Alasannya karena yang pasti biaya tol Solo-Kertosono lebih murah jika dibanding lanjut via Weru-Gempol dan seterusnya.

Saya masuk di entry Tol Colomadu Kartasura. Saya agak malas melintasi kemacetan di Solo, jadi menuju arah Boyolali dulu, baru masuk tol Solo-Kertosono.

Berdasarkan timeline di google maps, perjalan Tasikmalaya-Malang dapat ditempuh sekitar 16 jam saja berikut istirahat.

Waktu tempuh Tasikmalaya-Malang lebih singkat via Tol Solo-Kertosono
Waktu tempuh Tasikmalaya-Malang lebih singkat via Tol Solo-Kertosono

Hambatan kemacetan kali ini ada di sekitar Candi Prambanan, perlintasan kereta api di jalur lingkar Klaten, perlintasan kereta api setelah exit tol Kertosono Kediri dan Batu-Malang.

Secara umum, kondisi jalan tol Solo Kertosono enak dilintasi. Meskipun batas kecepatan di jalan tol itu 100 km/jam, sebenarnya masih enak dipacu lebih dari 140 km/jam hehehe..., tapi on your risk ya hehehe...

Cuma kekurangan tol Solo-Kertosono belum ada penerangan dan rest area masih terbatas, selain itu kondisi rest area masih kurang nyaman untuk istirahat. Penerangan hanya ada di sekitar pintu keluar dan masuk tol saja.

Karena rute tol Solo Kertosono cukup jauh, pastikan kondisi mobil (mesin, ban, rem) prima dan selalu konsentrasi karena jenuh juga perjalanan tol terus menerus.

Itulah review singkat uji coba jalan tol Solo-Kertosono terbaru ketika trip singkat ke Malang kemarin.

4 comments:

  1. Wuih.... Tasikmalaya-Surabaya. Jauhnyaaaa.....
    Jalan tol ini cukup membantu mempercepat waktu perjalanan ya, dan mungkin karena baru, makanya rest area dan lampu belum banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan jauh hehehe, sebelum ada tol, saya pernah nyoba waktu tempuh tasikmalaya-surabaya via yogyakarta-solo-madiun-surabaya lewat jalan biasa hampir 20 jam, sangat ngirit waktu
      karena minim penerangan dan rest area belum banyak, disarankan perjalanan siang hari saja sambil menikmati pemandangan yang indah

      Delete
  2. wah punya keinginan coba tol yang baru diresmikan tp kapan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Mbak liburan hehehe, saya lebih bisa menikmati perjalanan via darat sambil nyetir
      selain bisa banya yang dikunjungi juga lebih irit jika sekeluarga hehehe...

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.