DMCA Protected

Menyambut Adik Kelas IPB yang Melakukan KKN Tematik Pertanian di BTN Gunung Ciremai

Reuni ternyata bisa terjadi secara insidental. Nah, hari Selasa (18/6) kemarin ada undangan untuk menghadiri penyambutan mahasiswa IPB yang akan melakukan KKN Tematik Pertanian Sehat Ala Gunung Ciremai. Penyambutan dilakukan di Kantor Balai Taman Nasional Gunung Ciremai. Akhirnya, jadi-lah reuni yang tidak disengaja.

Suasana penyambutan mahasiswa KKN Tematik IPB 2019 di Kantor Balai TNGC.
Suasana penyambutan mahasiswa KKN Tematik IPB 2019 di Kantor Balai TNGC.

Rombongan KKN mahasiswa IPB ini berasal dari tiga fakultas yaitu Pertanian, Kehutanan, dan Informatika yang dipimpin dosen pembimbing Dr. Suryo Wiyono beserta enam dosen lainnya. Jumlah mahasiswa IPB yang akan melakukan KKN tematik di sekitar Gn. Ciremai berjumlah 47 orang.

Acara penyambutan mahasiswa KKN ini cukup meriah, karena dihadiri para kepala desa yang akan menjadi tempat KKN, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VIII Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Penyuluh Kehutanan, Kelompok Tani, dan Gugus Tugas Multipihak (GTM) Ditjen KSDAE serta pegawai Balai TNGC.

Mas Kuswandono selaku senior dan Kepala Balai TNGC berpesan agar mengoptimalkan KKN tematik ini dengan sebaik-baiknya sebagai ajang sosialisasi dengan unsur masyarakat, pembelajaran, dan menggali permasalahan untuk bahan penelitian selanjutnya.

Menurut dosen pembimbing KKN, Dr. Suryo Wiyono, Kuliah Kerja Nyata Tematik ini merupakan terobosan baru dalam pengembangan KKN mahasiswa IPB dengan tema pertanian sehat atau pertanian ekologi.

Tema pertanian sehat ini merupakan program kerjasama IPB dengan Balai TNGC yang telah berjalan selama dua tahun. Semoga, KKN ini dapat bermanfaat untuk IPB, Balai TNGC, Pemerintah Daerah, dan masyarakat sekitar Gunung Ciremai.

2 comments:

  1. serasa tua gak ya dengan adik2 kelas yang masih imut2

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa banget hehehe, selisih 24 angkatan dengan yg kkn lho Mbak ...

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.