Cara Mudah Memperbanyak PGPR Ciremai

Pertanian sehat adalah salah satu tema yang diusung pada KKN Tematik IPB 2019. Pertanian sehat ini sangat berguna sebagai alternatif pengembangan pertanian yang ramah lingkungan. Peserta KKN Tematik IPB 2019 yang bertempat di Resor Keanekaragaman Hayati Nini Kadrem melakukan praktek sekaligus diseminasi cara perbanyakan PGPR Ciremai yang merupakan solusi pertanian sehat Gunung Ciremai.

Praktek perbanyakan PGPR Ciremai oleh Mahasiswa KKN Tematik IPB. Foto : Instagram TN Gunung Ciremai
Praktek perbanyakan PGPR Ciremai oleh Mahasiswa KKN Tematik IPB.
Foto : Instagram TN Gunung Ciremai

Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan perbanyakan PGPR Ciremai. Bahan-bahannya tersedia di lingkungan sekitar. Berikut ini adalah cara mudah memperbanyak PGPR Ciremai seperti yang dimuat di situs TN Gunung Ciremai.

Bahan dan alat yang digunakan adalah yang pasti dibutuhkan isolat PGPR, kemudian juga dibutuhan kacang hijau, ubi jalar atau singkong, gula pasir, alkohol 70% dan air sumur. Peralatan untuk perbanyaan PGPR dibutuhkan dandang, kompor, aerator, kain kasa dan wadah air 25 liter. Semua alat yang akan digunakan harus disterilisasi dulu, bisa menggunakan alkohol 70% atau direbus.
.
Untuk mengasilkan PGPR Ciremai sebanyak 10 liter (l) cukup dibutuhkan kacang hijau 50 gram (gr), singkong atau ubi jalar 2 kilogram (kg), dan gula 50 gr.
.
Caranya adalah rebus singkong dan kacang hijau. Setelah matang, kemudian bahan tersebut masing-masing dibuat larutan. Caranya dengan mensarikan dengan air dan disaring memakai kain kasa. Begitu juga dengan gula pasir direbus dengan air sampai mendidih.
.
Selanjutnya, campurkan larutan gula, sari kacang ijo, dan sari singkong. Kemudian encerkan dengan air sampai volume 10 l kemudian dinginkan. Lalu masukan isolat kemudian masukkan larutan tersbut ke dalam jerigen dengan tetap berikan napas agar bakteri berkembang. Lebih baik lagi menggunakan aerator untuk sirkulasi udara.
.
Setelah itu, simpan ditempat sejuk dan tidak terkena sinar matahari. Tunggu sampai satu minggu. Apabila campuran telah berubah warna kecoklatan dan bau fermentasi serta berbuih maka perbanyakan berhasil. Begitu sebaliknya. Lalu hasil bisa disimpan di lemari pendingin dengan suhu -5 derajat.

Itulah cara mudah memperbanyak PGPR Ciremai, selamat mencoba ya.

Jika tertarik dengan PGPR Ciremai bisa menghubungi San Andre JatmikoBalai Taman Nasional Gunung Ciremai di Jl. Raya Cirebon Kuningan KM. 9 No. 1, Jalaksana, Kuningan, email : sanandre40@yahoo.co.id.
Cara Mudah Memperbanyak PGPR Ciremai Cara Mudah Memperbanyak PGPR Ciremai Reviewed by Ghost Ships on 9:52:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.