Hunting Madu Hutan Liar ke Cikamunding Tasikmalaya

Jauh sebelum teknologi kesehatan modern yang  membuktikan khasiat madu untuk manusia, Allah SWT telah berfirman dalam Al Qur’an surat An Nahl ayat 68 – 69 sebagai berikut :

Dan Rabbmu mengilhamkan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.’ (QS. 16:68) Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.
Madu hutan liar Apis dorsata
Madu hutan liar Apis dorsata

Lebah adalah mahkluk Allah SWT yang sangat istimewa. Lebah mampu mengeluarkan minuman yang terbukti menyembuhkan berbagai penyakit.

Madu yang paling umum diperjualbelikan adalah madu yang dihasilkan dari hasil budidaya, seperti Apis dan Trigona. Sedangkan jenis madu yang lainnya adalah madu hutan.

Madu hutan ini dihasilkan dari lebah jenis Apis dorsata. Lebah Apis dorsata ini hidup bebas di alam.

Habitat Apis dorsata ini adalah di hutan, di pohon-pohon yang tinggi dan juga di tebing batu yang tinggi. Apis dorsata ini hidup dan memproduksi madu tanpa campur tangan manusia sama sekali.

Habitat madu hutan liar Apis dorsata di tebing batu dan pohon yang tinggi
Habitat madu hutan liar Apis dorsata di tebing batu dan pohon yang tinggi
Kualitas madu yang dihasilkan oleh Apis dorsata ini adalah madu yang terbaik. Hal ini karena Apis dorsata hanya menghisap berbagai nektar dari bunga yang ada di alam dan masih alami.

Sarang lebah liar atau Odeng atau Apis dorsata ini sering ditemukan sarang berada pada ketinggian sekitar 20-30 m di atas permukaan tanah menggantung di cabang pohon atau menempel di tebing batu.

Ukuran sarang lebah hutan ini sangat besar sekali. Diameter sarang bisa mencapai 0.5 – 2 m, sedangkan panjangnya sekitar 0,5 – 1 m.

Berburu dan memanen sarang lebah hutan sangat sulit dan berbahaya. Karena selain sengatnya yang sangat berbahaya juga karena tempat hidup yang berada di tempat-tempat yang sangat sulit dijangkau.

Itulah yang membuat madu hutan semakin sulit diperoleh. Hal inilah yang membuat harga madu hutan liar sangat mahal.

Nah, hari Minggu ini sambil memanaskan mesin motor dan mengikuti trending sunmori, saya bersama tetangga sekompleks perumahan mencoba hunting madu hutan liar ke Cikamunding Tasikmalaya.

Meskipun tidak terlalu jauh, tetapi memang akses jalannya beberapa titik kondisinya rusak dan curam. Beruntung hunting madu ini membuahkan hasil. Kami mendapatkan masing-masing 1 botol madu hutan liar.

Bagi yang ingin mencoba hunting, bisa mendatangi warung yang ada di Cikamunding. Agak sulit memberikan alamat karena pelosok sekali, agar mudah menemukannya, koordinat lokasi warung yang menjual madu hutan liar ini adalah pada titik S7.46107, E108.3863.

Kenapa kami sangat berminat hunting madu hutan liar ?. Karena memang madu hutan ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Khasiat madu hutan liar bagi kesehatan ini konon katanya selain pengganti insulin dalam tubuh juga mampu membantu menormalkan kadar gula, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, mencegah stroke, kanker, dan infeksi, serta dapat meningkatkan vitalitas.

Dan tentunya masih banyak manfaat madu hutan liar bagi kesehatan manusia. Mari kita kembali mengkonsumsi madu untuk kesehatan.
Hunting Madu Hutan Liar ke Cikamunding Tasikmalaya Hunting Madu Hutan Liar ke Cikamunding Tasikmalaya Reviewed by Ghost Ships on 7:28:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.