Cara Paling Mudah Install WordPress di Localhost Untuk Pemula

Cara Paling Mudah Install WordPress di Localhost Untuk Pemula

Dalam mempelajari cara install WordPress tentunya sangat wajib bagi Anda yang ingin memaksimalkan bisnis online. WordPress tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ini merupakan sistem manajemen content (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan sudah banyak sekali orang yang memilih WordPress untuk website yang dipakai untuk bisnis. Penggunaan wordpress juga sangat mudah sehingga cara install WordPress seharusnya juga bisa dengan mudah dilakukan. Sistem manajemen konten seperti wordpress ini nantinya akan memudahkan pemilik, editor dan author untuk mengelola website dan mengupload konten dengan cara yang sangat mudah. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, maka banyak orang yang memilih WordPress untuk kelancaran bisnisnya. Akan tetapi sebelum mengoperasikan WordPress, maka Anda harus menginstall terlebih dahulu. Disini Anda akan mengetahui bagaimana cara install WordPress dengan menggunakan Localhost.

Apa Itu Localhost ?

Localhost adalah sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer adalah server dan server adalah komputer. Akan tetapi sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain. Localhost tidak hanya dikenal sebagai suatu istilah dalam jaringan karena bisa digunakan sebagai nama domain, misalnya seperti google.com maupun wikipedia.org. Di sini juga bisa ditarik kesimpulan bahwa Localhost merupakan sebuah alamat.
Cara Paling Mudah Install WordPress di Localhost Untuk Pemula

Apa Tujuan Localhost?

Dengan pengertian apa itu Localhost, pastinya terlihat sangat mudah karena software tersebut sangat penting bagi Anda khususnya yang berprofesi di bidang web developer. Ada beberapa tujuan Localhost yang harus Anda ketahui, antara lain;

Mengetes program atau aplikasi web

Bagi Anda yang nantinya akan mengurus website pribadi dengan menggunakan wordpress, sistem operasi yang Anda gunakan nantinya akan berperan sebagai server yang terstimulasi setelah loopback dibuat atau dimunculkan. Dalam hal ini Localhost bertujuan untuk meload file penting dari suatu program ke dalam server dan sekaligus mengecek fungsionalitasnya.

Memblokir situs

Tujuan lain adanya Localhost adalah memblokir website yang tidak boleh diakses. Ini tentu akan mengamankan browser dari situs-situs yang berbahaya. Selain itu, Localhost juga akan mengamankan browser dari virus yang berbahaya. Sebagai contoh tindakan nyatanya adalah ketika seorang admin komputer sebuah perusahaan memblokir akses ke suatu website.

Mengetes kecepatan

Untuk mencari tahu berapa kecepatan website, maka Anda harus melakukan tes koneksi dengan mengirimkan perintah ping ke localhost. Dan dari tes tersebut maka akan menampilkan hasil performa. Apabila ditemukan masalah, maka Anda bisa memperbaikinya saat itu juga. Untuk melakukan pengetesannya juga sangat mudah. Jika sistem operasi yang Anda gunakan adalah windows, maka silahkan buka command prompt dan masukkan “ping localhost” atau “ping 127.0.0.1”.

Bagaimana cara install wordpress menggunakan Localhost?

Menginstall wordpress di Localhost tentunya sangat mudah karena tidak perlu menggunakan jaringan internet. Anda bisa install wordpress dengan offline jaringan. Nah, setelah selesai pengeditan maka Anda bisa langsung upload dengan menggunakan koneksi internet. Berikut adalah cara mudah install WordPress di localhost:

1. Download XAMPP.

Anda yang belum mengunduh XAMPP bisa download  di berbagai situs web yang tersebar di search engine. Setelah itu, lakukan penginstallan pada PC Anda. Nantinya akan langsung mendapatkan apache web server, PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai databasenya, Mercury untuk mail server dan FTP server.

2. Copy File WordPress.

Setelah itu, Anda bisa langsung  buka folder XAMPP di komputer, kemudian buka folder htdocs, kemudian copykan file wordpres ke dalam folder ini. Agar lebih mudah, Anda bisa buka windows explorer, kemudian ketik C:\xampp\htdocs pada bagian folder. Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk meletakkan file-file yang bisa dibuka di browser. Yang perlu diingat adalah, jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. Biasanya kalau settingannya masih default, maka foldernya ada di drive C.

3. Tentukan Lokasi WordPress Directory.

Jika file masih dalam bentuk compress, maka harus diekstrak terlebih dahulu. Dan nantinya default folder / directory hasil ekstraknya biasanya bernama “WordPress”. Tapi jangan khawatir karena Anda bisa mengganti nama folder dengan nama yang Anda sukai, misalnya mama website Anda pribadi. Kalau sudah berganti nama, nanti tampilannya akan terlihat seperti ini. Sebagai contoh, folder telah berganti nama menjadi “blogku”. Tampilannya akan seperti ini.

4. Buka WordPress Offline di Browser.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuka browser favorit Anda untuk membuka situs WordPress offline ini. Nantinya  Anda bisa mengaksesnya dengan alamat seperti ini, http://localhost/blogku. Buat Anda yang tidak mengubah nama folder, maka alamatnya akan seperti ini, http://localhost/wordpress. Kemudian Anda bisa memasukkan alamat di bar dan ketik alamat tersebut. Lalu klik  Create a Configuration File. Setelah itu Anda tinggal klik Lets Go.

5.Lakukan Penginstallan WordPress

Setelah itu Anda akan diarahkan untuk segera install wordpress dengan mengisikan nama database, username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Pada bagian Database Host sebaiknya isikan dengan Localhost saja. Kemudian klik Submit. Selanjutnya bisa langsung klik Run The Install. Di bagian ini Anda akan diminta mengisi data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu tinggal klik Install wordpress. Sekarang wordpress offline sudah terinstall. Langkah selanjutnya adalah dengan terhubung dengan jaringan internet agar bisa log in WordPress untuk memulai mengoperasikannya. Tak hanya mudah, namun WordPress juga memiliki beberapa kemudahan yang membuat Anda ingin tahu bagaimana cara instal WordPress.

Beberapa kelebihan WordPress antara lain:

Murah.

Yang Anda lakukan hanyalah membeli domain dan web hosting saja jika ingin terlihat lebih profesional. Untuk pilihan domain dan hosting murah Anda bisa langsung cek harga murah dan berkualitas hanya di IDwebhost.

Mudah dikelola.

Untuk mengoperasikan wordpress, Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman. Yang Anda butuhkan hanyalah kemampuan untuk mengupload konten, kemudian posting sesuai jadwal posting yang sudah Anda tentukan sendiri.

Bisa mendesain tampilan website yang sudah disediakan secara gratis.

Untuk desain website, Anda tidak perlu menyewa desainer untuk mendesain website Anda. Di sini sudah disediakan beberapa template desain yang bagus yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Itulah cara mudah install WordPress yang akan memudahkan Anda dalam membuat website serta mengelola bisnis onlinenya.
Cara Paling Mudah Install WordPress di Localhost Untuk Pemula Cara Paling Mudah Install WordPress di Localhost Untuk Pemula Reviewed by Ghost Ships on 7:25:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.