Panduan Penggunaan SIPP BPJS Online - Eri Anggoro Kasih

Panduan Penggunaan SIPP BPJS Online

Ilustrasi Seseorang Tengah Memberi Panduan Penggunaan Aplikasi.

Pemerintah sebagai regulator di Indonesia berhak mangatur siapapun demi kebaikan negara, tidak terkecuali mengatur perusahaan supaya tidak melanggar aturan. Pemerintah kini tengah menggenjot pendapatan pajak secara masif, berbagai sektor pun dikejar demi mencapai target penerimaan pajak. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan keterbukaan data, dengan demikian pemerintah dapat memetakan siapa-siapa saja yang belum membayar pajak serta melakukan prediksi penerimaan pajak berdasarkan data yang ada. Perusahaan merupakan salah satu objek pajak yang berpotensi memberikan kontribusi pemasukan negara, karena faktanya masih banyak perusahaan yang berusaha untuk menutupi kewajiban pajak demi keuntungan semata, tentu hal tersebut perlu ditindaklanjuti supaya tidak ada pihak yang  dirugikan.

Pemerintah melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan meluncurkan sebuah platform digital bernama SIPP Ketenagakerjaan, SIPP online ini nantinya akan menjadi jembatan antara pemerintah dengan perusahaan. Tujuan utama diciptakannya SIPP online ini supaya terjadinya integrasi data antara kedua pihak yakni pemerintah dan perusahaan dan tidak perlu khawatir dengan proses birokrasi yang ada, karena semua ini telah berbasis online sehingga tidak perlu datang ke kantor pemerintah terkait seperti biasanya.

SIPP online sendiri berfungsi untuk mengintegrasikan data-data yang dimiliki oleh perusahaan dengan pemerintah, data-data adminiastrasi perusahaan seperti data tenaga kerja, data upah serta data penghitungan iuran nantinya akan disimpan secara online di SIPP, sehingga memudahkan dalam pengelolaan data-data perusahaan.

Lalu bagaimana cara menggunakan SIPP online? Berikut langkah-langkah mudahnya.


1. Melakukan Pendaftaran Sebagai Langkah Awal

Sebelum dapat menggunakan SIPP online, anda perlu mendaftarkan perusahaan anda terlebih dahulu dengan cara mengunjungi sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah masuk ke laman utama SIPP online, maka anda akan menemukan box berisikan login dan di bawahnya terdapat tanda “Daftar” apabila belum memiliki akun. Maka klik tombol daftar tersebut.
  2. Di halaman pendaftaran, anda akan diminta untuk memasukkan NPP atau nomor pendaftaran perusahaan serta divisi. Jika NPP anda telah terdaftar, maka informasi perusahaan anda akan muncul.
  3. Setelah itu, lengkapi informasi berupa alamat email serta password untuk dapat menggunakan SIPP online.
  4. Kemudian isilah data-data lanjutan seperti nama lengkap, nomor peserta, tanggal lahir, dan nomor ponsel. Lalu klik tombol Ok.
  5. Setelah itu akan dilakukan verifikasi nomor ponsel menggunakan metode OTP (One-Time Password) yang akan dikirimkan ke ponsel anda, begitu anda menerima kode tersebut, silakan masukan ke kolom yang tersedia di laman verifikasi dan anda akan menerima notifikasi berhasil apabila kode tersebut cocok.
  6. Selanjutnya anda akan menerima email untuk melakukan aktivasi akun. Cukup mengunjungi inbox email yang anda daftarkan lalu klik tautan yang diberikan oleh sistem SIPP online, maka selamat akun SIPP online anda telah aktif dan dapat digunakan.


2. Fitur-fitur yang Ada Pada SIPP Online

  1. Tambah Tenaga Kerja

Saat perusahaan anda sedang menerima banyak karyawan baru maka diperlukan pembaharuan data terhadap arsip perusahaan, namun bila perusahaan anda telah menggunakan SIPP online maka anda cukup menggunakan fitur tambah tenaga kerja di menu SIPP online dan mengisi data-data terkait.

  1. Fitur Upload Upah

Perusahaan juga dapat menambah informasi upah ke dalam SIPP online dengan cara mengunduh template upah dalam bentuk Excel yang kemudian dapat diisi datanya dan cukup upload kembalu ke SIPP online sebagai langkah akhir.

  1. Fitur Tambah Tenaga Kerja Non-Aktif

Suatu saat pasti ada saja kasus di mana karyawan mengundurkan diri atau bahkan dipecat dari perusahaan, maka perusahaan juga perlu memperbaharui data tenaga kerja yang ada di perusahaan dengan menghapus karyawan yang baru saja berhenti. SIPP online menyediakan template dalam format excel yang dapat diunduh dan diisi dengan data-data yang diperlukan, kemudian unggah kembali ke dalam SIPP online maka data akan tersimpan dan diperbaharui oleh sistem.


Sumber:



Sumber Gambar:

Panduan Penggunaan SIPP BPJS Online Panduan Penggunaan SIPP BPJS Online Reviewed by Eri Anggoro Kasih on 8:22:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.