Booking Hotel by Pegipegi

loading...

DMCA Protected

Angin di Kuningan 9 SR

Lho koq angin 9 SR ?. Skala Richter kan ukuran gempa ya ?... Sebenarnya itu adalah status facebook saja, yang tadi pagi. Tapi ternyata memang sepertinya gak ada hubungan antara angin kencang dan ukuran kekuatan gempa.

Sudah beberapa hari ini memang suhu udara di Kuningan sangat dingin, di kisaran 18-20 derajat celcius kalau menjelang pagi. Suhu yang dingin ini disertai juga dengan angin kencang setiap pagi.

Ilustrasi foto suasana malam Taman Kota Alun-alun Kuningan
Ilustrasi foto suasana malam Taman Kota Alun-alun Kuningan

Nah, perpaduan suhu udara dingin dan angin kencang ini membuat tubuh menggigil, seperti gempa hehehe...

Sebenarnya suhu dingin dan angin kencang yang melanda Kuningan adalah fenomena alam biasa yang selalu berulang setiap tahun. Suhu menjadi dingin karena matahari berada di belahan bumi Utara dan memang sedang musim kemarau.

Ketika musim kemarau, suhu udara biasanya memang sangat dingin. Malah saking dinginnya, di Dataran Tinggi Dieng muncul Embun Upas. Embun upas adalah embun yang membeku menjadi salju atau es.

Sedangkan angin kencang yang melanda Kuningan dalam beberapa hari ini menurut cerita adalah fenomena Angin Kumbang. Menurut Wikipedia, Angin Kumbang adalah angin fohn atau angin lokal yang melanda daerah Cirebon dan sekitarnya.

Angin Kumbang yang melanda Cirebon dan sekitarnya juga berimbas ke Kuningan. Angin Kumbang ini kencang dan kering  yang biasanya menyebabkan kerusakan pada tanaman tebu.

Angin Kumbang ini biasanya terjadi antara bulan Juli-September setiap tahunnya. Wilayah Cirebon yang terkena pengaruh Angin Kumbang adalahKota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu.

Angin Kumbang ini berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan (dari belakang gunung Ciremai) dan turun yang menyebabkan dorongan angin yang menuju ke wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Angin kencang ini berupa angin Monsoon Timur atau Selatan. Kecepatan Angin Kumbang ini bisa mencapai kecepatan maksimum 40 km per jam.

Nah, itulah yang membuat saya merasa angin kencang dan dingin di Kuningan mencapai 9 SR. Dingin dan anginnya membuat menggigil seperti gempa besar yang melanda Kuningan.

2 comments:

  1. Hmm.. Berarti kemungkinan angin dinginnya habis melintasi pegunungan sehingga semakin dingin ya..

    Sebenarnya malah bagus kalau musim kemarau seperti ini udaranya jadi dingin.. Karena berarti pola musimnya bener...

    ReplyDelete
  2. Aku sukaa banget kalo cuaca udh mulai mendingin gitu. Secara aku ga kuat panas mas. Makanya kalo cuaca udh terlalu terik yg bikin pusing, aku dipastikan jd maleees kluar. Mnding dlm ruangan deh :D. Tp cuaca akhir2 ini adeem. Even berasa sampe jakarta, walo ga bisa dibilang dingin banget, tp ga sepanas biasanya

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...