loading...

DMCA Protected

Cara Mengisi Informasi Indeks Profesionalitas ASN (IP ASN)

Penyusunan indeks profesionalitas (IP) aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi agenda prioritas nasional yang ditetapkan pemerintah lewat Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 – 2019.

Hal ini karena Negara belum memiliki data akurat soal tingkat profesionalitas ASN. Oleh karena itu, BKN selaku pembina manajemen kepegawaian bergerak agar segera memiliki IP ASN.

Menu utama IP ASN
Menu utama IP ASN

Instrumen yang digunakan untuk penyusunan IP ASN adalaha : kualifikasi, kompetensi, disiplin (etika), kinerja, dan kompensasi.

Yang harus diperhatikan dalam IP ASN ini adalah pengisian dilakukan oleh masing-masing ASN. Pengisian hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali dan tidak dapat dilakukan perbaikan atau edit data yang telah diselesaikan/dikirim/disimpan.

Langkah pertamanya adalah melakukan aktivasi IP ASN dengan cara masuk ke browser dan pastikan PC/Laptop dengan sambungan internet. Buka alamat IP ASN di http://ip-jasn.bkn.go.id. Selanjutnya login dengan user : NIP dan password : nama depan (huruf kecil).

Aktivasi IP ASN dengan login menggunakan NIP dan nama depan.
Aktivasi IP ASN dengan login menggunakan NIP dan nama depan.

Setelah aktivasi dengan log in dan mengganti password, akan muncul data ASN. Selanjutnya mengisi form kompetensi yang berisi : pendidikan terakhir, diklat struktural, diklat fungsional dan seminar.

Identitas PNS pada IP ASN
Identitas PNS pada IP ASN

Setelah mengisi kompetensi, selanjutnya mengisi form kinerja. Kinerja ini berdasarkan nilai SKP terakhir. Langkah terakhir adalah mengisi form disiplin berupa pernah atau tidak pernah dikenai hukuman disiplin.

Cukup mudah dan cepat untuk mengisi IP ASN ini. Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 5 menit jika koneksi internet lancar.

Selesai sudah mengisi form IP ASN
Selesai sudah mengisi form IP ASN

Namun apabila koneksi internet lambat, tunggu beberapa saat kemudian tekan tombol F5.

Tekan tombol F5 jika loading lama.
Tekan tombol F5 jika loading lama.

Semoga petunjuk cara pengisian IP ASN ini dapat memudahkan kawan-kawan PNS untuk mengisinya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...