Menjelajahi Kebun Raya Kuningan Menikmati Keindahan Gunung Ciremai

Kebun raya atau kebun botani adalah suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ (di luar habitat). Selain untuk penelitian, kebun raya juga dapat berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung.

Kebun raya biasanya dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengentahuan Indonesia (LIPI). Namun demikian, sekarang ini pemerintah daerah telah ada yang memiliki dan mengelola kebun raya. Salah satunya adalah Kebun Raya Kuningan yang dikelola dan dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan.
Kebun Raya Kuningan dengan latar belakang Gunung Ciremai
Kebun Raya Kuningan dengan latar belakang Gunung Ciremai
Selain Kebun Raya Kuningan, kebun raya yang dimiliki oleh pemerintah daerah di Pulau Jawa adalah Kebun Raya Baturraden dan Kebun Raya Indrokilo Boyolali.

Kebun raya di Indonesia tidak banyak. Kebun raya yang dikelola LIPI ada 4, yaitu : Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya.

Nah, untuk Kebun Raya Kuningan (KRK) ternyata merupakan kebun raya terluas yang ada di Indonesia. KRK memiliki luas 156 ha.

Kebun Raya Kuningan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kebun raya lain yang ada di Indonesia. Salah satu ciri khas KRK adalah banyaknya bebatuan vulkanik yang besar.

Taman Tematik Bebatuan/Rock Garden, Taman Sukulen, Taman Awi Sieugeug, Taman Mangga dan Taman Kuning merupakan daya tarik Kebun Raya Kuningan.

Koleksi Kebun Raya Kuningan memiliki koleksi yang merupakan tumbuhan daerah berbatu dan Gunung Ciremai. Koleksi Kebun Raya Kuningan sekarang ini sudah mencapai 1435 specimen, 192 species, 124 marga, 52 suku dan sudah ditata berdasarkan klasifikasi taksonomi.
Situ Lurah di Kebun Raya Kuningan dengan latar belakang Gunung Ciremai.
Situ Lurah di Kebun Raya Kuningan dengan latar belakang Gunung Ciremai.
Alamat Kebun Raya Kuningan berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Sedangkan koordinat Kebun Raya Kuningan S6.815254, E108.406870.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Kebun Raya Kuningan, dapat dilihat pada google maps berikut.


Waktu tempuh ke Kebun Raya Kuningan dari Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati dan Cirebon sekitar 1,5 jam saja, dan dari pusat kota Kuningan hanya sekitar 30 menit saja.

Nah, jika liburan anak-anak atau week end, sempatkan untuk menjelajahi Kebun Raya Kuningan sambil menikmati keindahan Gunung Ciremai. Selain menikmati keindahan alam, dapat juga menikmati kuliner khas Kuningan yang sangat beragam.
Menjelajahi Kebun Raya Kuningan Menikmati Keindahan Gunung Ciremai Menjelajahi Kebun Raya Kuningan Menikmati Keindahan Gunung Ciremai Reviewed by Ghost Ships on 9:46:00 AM Rating: 5

6 comments:

  1. Halo pak, salam kenal wah tertarik nih saya, saya ada juga temen di Kuningan cuma memang belum sempet ke sana....

    ReplyDelete
  2. kuningan ya, saya baru sekali kesana, kemana itu waduk apa saya lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduk besar namanya Waduk Darma
      di kebun raya kuningan banyak spot foto menarik, sayang saya mampir bntr smbl kerja, jd blm smpt hunting foto

      Delete
  3. wah aku belum sampai ke sana euy pdhl dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir dong Mbak, cuma 1 jam lho dari Cirebon hehehe
      enaknya pagi or sore hari, kalo siang panas

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.