Mencoba Aplikasi WhatsApp Business - Eri Anggoro Kasih

Mencoba Aplikasi WhatsApp Business

Berdasarkan rilis di situs resminya, WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil. Pebisnis dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan. Sehingga semakin mudah terhubung dengan pelanggan.  Hal ini karena whatsapp bisnis memiliki beragam fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan menjawab pesan secara cepat.
Tampilan profil Aplikasi WhatsApp Business
Tampilan profil Aplikasi WhatsApp Business
Sebenarnya layanan whatsapp bisnis memiliki fitur yang sama dengan whatsapp messenger biasa, seperti :
  • Mengirim pesan ke teman dan keluarga secara gratis*. WhatsApp menggunakan koneksi internet telepon untuk mengirim pesan, sehingga terbebas dari biaya SMS.
  • Layanan chat grup menjadikan tetap terhubung dengan orang-orang yang penting, seperti keluarga atau rekan kerja Anda. Dengan chat grup, kita dapat membagikan pesan, foto, dan video hingga 256 orang sekaligus. Kita juga dapat memberi nama grup, membisukan, atau menyesuaikan pemberitahuan, dan masih banyak lagi
  • Dengan whatsApp di web dan desktop, kita dapat dengan lancar menyinkronkan semua chat ke komputer agar dapat chat menggunakan perangkat apa pun yang paling nyaman. Caranya cukup mengunduh aplikasi desktop atau kunjungi web.whatsapp.com untuk memulai.
  • Dengan panggilan suara, kita dapat berbicara dengan teman dan keluarga secara gratis*, bahkan jika mereka berada di negara lain. Dan dengan panggilan video gratis*, kita dapat melakukan percakapan tatap muka saat suara atau teks saja tidak cukup. Panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon, bukan dengan menit panggilan paket seluler, jadi tidak perlu khawatir akan biaya panggilan yang mahal.
  • Sebagian momen pribadi Anda dibagikan di WhatsApp, oleh karena itu kami membangun enkripsi end-to-end ke versi terbaru aplikasi kami. Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan Anda diamankan, jadi hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut, dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp.
  • Mengirim foto dan video di WhatsApp dengan segera. Kita bahkan dapat menangkap momen yang penting bagi Anda dengan kamera bawaan. Dengan WhatsApp, foto dan video akan dikirim dengan cepat meskipun Anda sedang berada dalam koneksi yang lambat.
  • Mengirim PDF, dokumen, spreadsheet, slideshow, dan masih banyak lagi, tanpa repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file. Kita dapat mengirim dokumen dengan ukuran hingga 100 MB yang akan memudahkan kita untuk membagikan hal yang perlu kita bagikan ke orang yang diinginkan.
  • Kadang kala, suara dapat mengatakan segalanya. Hanya dengan satu ketukan, kita dapat merekam Pesan Suara, sempurna untuk hanya menyapa atau pun bercerita panjang.

Lalu apa perbedaan Whatsapp Business dengan WhatsApp Messenger ?.
Meski sama-sama sebagai layanan perpesanan, ternyata WhatsApp bisnis dan WhatsApp messenger memiliki perbedaan. Perbedaan ini baik dari segi fitur yang ditawarkan maupun tampilannya. Berikut ini adalah beberapa perbendaannya :
  • Perbedaannya dengan WhatsApp biasa terletak pada logonya yang menggunakan huruf B kapital berlatar warna hijau yang khas. Beda dengan WhatsApp messenger yang berlogo telepon. WhatsApp bisnis juga memiliki beberapa fitur. Seperti melihat statistik pesan terkirim maupun yang diterima dan hal ini tidak ada pada WhatsApp messenger.
  • Keunggulan dan perbedaan berikutnya adalah dengan WhatsApp bisnis kita bisa menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor sekaligus. Selain itu, kita juga bisa menggunakan keduanya dalam satu gadget. Namun, sebaiknya gunakanlah nomor yang berbeda di masing-masing aplikasi tersebut.
  • WhatsApp bisnis juga memiliki fitur lainnya yang cukup canggih, yakni dapat membalas pesan secara otomatis. Caranya, kita dapat menyetting balasan otomatis dalam fitur yang ada ketika mendapatkan pertanyaan yang sama dari para pelanggan. Kita juga bisa menikmati fitur mengirim pesan otomatis untuk pelanggan baru semisalnya. Sehingga, kita lebih mudah untuk mengontrol dan melihat perkembangan pelanggan.
  • WhatsApp bisnis dalam penggunaannya tidak memerlukan proses verifikasi layaknya WhatsApp messenger. Begitu juga dengan tanda centangnya,jika umumnya pada Twitter dan Instagram akun terverifikasi memiliki centang berwarna biru maka untuk WhatsApp bisnis tanda centang verifikasi berwarna hijau. Jika kamu melihat tanda ini, berarti nomor tersebut resmi milik perusahaan atau bisnis.
  • Keberadaan WhatsApp bisnis baik langsung maupun tidak langsung memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis online. Di antaranya adalah memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait produk yang ditawarkan. Selain untuk berkomunikasi, kita juga bisa memanfaatkan WhatsApp bisnis untuk keperluan marketing dan promosi.
  • Adanya fitur mengirim pesan secara otomatis memang memungkinkan untuk melakukan berbagai macam promosi di platform ini dengan mudah disamping kamu juga menggunakan media sosial lainnya.

Itulah keunggulan yang membuat saya tertarik mencoba aplikasi whatsapp business.
Mencoba Aplikasi WhatsApp Business Mencoba Aplikasi WhatsApp Business Reviewed by Ghost Ships on 11:15:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.