Tips Aman Transaksi Internet Banking - Eri Anggoro Kasih

Tips Aman Transaksi Internet Banking

Meskipun teknologi internet banking aman digunakan tetapi tetap saja kejahatan perbankan menggunakan teknologi ini kerap terjadi dan viral di media sosial. Untuk mengantisipasinya, nasabah perlu memahami bagaimana sistem online dengan benar.

Biasana para pelaku kejahatan dunia maya mengincar nasabah-nasabah yang tidak paham sistem proteksi transaksi online. Nah, tips aman transaksi internet banking ini semoga membantu.


Ilustrasi tips aman transaksi internet banking. Foto : pixabay.
Ilustrasi tips aman transaksi internet banking. Foto : pixabay.
Apabila nasabah memahami bangaimana transaksi perbankan online dengan benar, sebenarnya tidak perlu khawatir terhadap kejahatan perbankan. Nasabah dapat menikmati kemudahan transaksi online yang aman dan nyaman.

Salah satu ancaman online dalam internet banking adalah phisingPhising adalah metode yang digunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target atau nasabah menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Untuk  mengantisipasinya adalah dengan cara memastikan alamat internet banking benar dan menggunakan browser yang terenkripsi (ada logo kunci).

Tips aman transaksi internet banking berikutnya adalah sebagai berikut :

  • jagalah kerahasiaan informasi user ID dan password dari siapapun termasuk petugas bank sekalipun
  • gunakan keyboard virtual
  • ganti password secara berkala
  • gunakan laptop atau komputer pribadi
  • jaga PIN dengan baik
  • aktifkan notifikasi via sms dan email sehingga setiap transaksi internet banking akan ada pemberitahuan ke sms ataupun email
  • pastikan log out ketika transaksi selesai
  • kontak bank jika ada kondisi darurat


Itulah beberapa tips aman bertransaksi internet banking, semoga bermanfaat.
Tips Aman Transaksi Internet Banking Tips Aman Transaksi Internet Banking Reviewed by Ghost Ships on 11:30:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.