Upaya untuk Mengindari Virus Corona secara Mandiri - Eri Anggoro Kasih

Upaya untuk Mengindari Virus Corona secara Mandiri

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 ini telah menjadi momok yang menakutkan. Wabah COVID-19 ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. WHO telah menetapkan Covid-19 ini sebagai pandemi.

Menggunakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan sanitizer efektif untuk mencegah Corona

Penyebab dari wabah ini adalah corona virus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Virus Corona ini telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara mandiri untuk mencegah penularan virus Corona.

Penularan virus corona antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Ketika terinfeksi, gejala virus Corona akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona secara mandiri.

Beberapa cara yang dapat dilakukan secara mandiri untuk mencegah penularan virus corona yang paling efektif adalah selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, kemudian hindari kerumunan orang banyak yang berpotensi menyebarkan virus corona. Dalam hal ini juga, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan edaran untuk menunda pertemuan yang melibatkan massa lebih dari 250 orang.

Selanjutnya, sementara virus corona sedang mewabah, selalu dan sering cuci tangan yang benar menggunakan hand sanitizer atau sabun dibilas dengan air yang mengalir. Apabila bertemu atau akan berinteraksi dengan banyak orang dapat mengenakan masker.

Produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% diyakini efektif membasmi kuman. Biasakan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

Meskipun menggunakan masker tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun langkah ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, dibandingkan orang yang sehat.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, selalu rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

Itulah beberapa upaya untuk menghindari virus corona secara mandiri. Apabila mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, dan apalagi apabila dalam 2 minggu terakhir berkunjung ke tempat yang terdapat kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.
Upaya untuk Mengindari Virus Corona secara Mandiri Upaya untuk Mengindari Virus Corona secara Mandiri Reviewed by Eri Anggoro Kasih on 9:31:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.