(Sulitnya) Menemani Anak Belajar di Rumah - Eri Anggoro Kasih

(Sulitnya) Menemani Anak Belajar di Rumah

Isu penyebaran virus corona atau covid 19 telah memaksa sekolah dan kampus merumahkan semua siswa dan mahasiswanya selama 2 minggu. Sebenarnya merumahkan siswa ini bukan libur, tetapi belajar di rumah. Metode ini bukanlah barang baru, beberapa kolega sudah menerapkan homeschooling untuk anak-anaknya.

Menemani anak belajar dengan secangkir kopi Temanggung
Menemani anak belajar dengan secangkir kopi Temanggung

Belajar di rumah ini juga salah satu bentuk social distancing untuk memutus rantai penyebaran covid 19. Waktu lamanya belajar di rumah, untuk sementara ditetapkan selama 14 hari.

Kalau yang sudah terbiasa dengan metode homeschooling, bukanlah hal yang sulit untuk belajar di rumah. Tetapi masalahnya kebanyakan orang tua tidak siap menghadapi belajar di rumah ini.

Belajar di rumah ini adalah aktifitas belajar yang dilaksanakan di rumah yang difasilitasi oleh keluarga. Untuk menghindari kontak dengan orang lain yang berpotensi menyebarkan virus corona.

Ternyata ketika menemani anak belajar di rumah itu tidak semudah yang dibayangkan. Tidak mudah membuat anak mau belajar dengan rasa senang, nyaman, tidak merasa dipaksa dan tidak merasa terbebani.

Belajar di rumah ini akan efektif jika anak sudah memiliki kesadaran untuk belajar. Ketika kedua orang tua juga bekerja, otomatis tidak ada yang mengawasi anak belajar. Jadi belajar di rumah ini intinya adalah kesadaran anak untuk belajar.

Keuntungan belajar di rumah ini adalah lebih memberikan peluang kepada orang tua untuk berinteraksi dengan anak. Dan yang pasti belajar dalam suasana lebih rileks.

Permasalahannya adalah ketika ada beberapa materi yang memaksa anak diskusi dengan orangtuanya. Karena ternyata pelajaran yang didapat ketika sekolah dulu sangat jauh berbeda dengan materi saat ini.

Perbedaan ini yang kadang membuat perdebatan yang tidak ada ujung. Perlu kesabaran ekstra untuk menghadapi anak belajar di rumah. Ternyata menemani anak belajar di rumah itu tidak semudah yang dibayangkan.
(Sulitnya) Menemani Anak Belajar di Rumah (Sulitnya) Menemani Anak Belajar di Rumah Reviewed by Eri Anggoro Kasih on 11:15:00 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Ini bisa jadi kesempatan bagus bagi orang tua untuk memberikan materi pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah pada umumnya, seperti bagaimana cara menguatkan tekad, bagaimana belajar sabar dan lain-lain. Semoga kita bisa memanfaatkan momen home schooling dadakan ini dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  2. bener banget...nggak mudah, dan butuh ekstra kesabaran.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.